8 Kegiatan Jadul Saat Malam Lebaran di Kampung, Banjarnegara

Malam lebaran di kampung


Zaman dulu saat Malam Lebaran di Kampung pasti selalu memiliki keseruan yang terus dinanti dari tahun ke tahun. Di bawah ini sudah kami rangkum sebagai pengingat masa-masa itu.

Beberapa keseruan tersebut mulai dari takbir keliling, takbir di masjid, menabuh bedug, dan banyak lagi lainnya. 

Semangat untuk menyambut malam lebaran bahkan sudah berkobar sejak sore hari.

Sangkin semangatnya sampai-sampai baju baru yang telah dibelikan sama orang tua kamu langsung dipakai dengan label harga (banderol) yang masih menempel. Aromanya juga khas pakaian baru. 

Berikut ini 8 hal yang dulu kamu lakukan ketika malam lebaran di kampung atau desa, Banjarnegara.

1 Takbir Keliling Pakai Obor

Dari habis isya sudah pada milihin obor terbaik untuk dibawa keliling kampung-kampung terdekat. Berjalan beriringan menjadi dua barisan rapih sambil takbir "Allohuakbar, Allohuakbar, Allohuakbar". 

2 Banyak Makanan Khas dan Enak

Biyunge sudah memasak banyak makanan khas yang kamu suka, setelah takbir keliling perut kamu menjadi lapar dan memakan semua jenis masakan dengan lahapnya. Untuk menambah energi sebelum menghadapi keseruan malam lebaran yang ada di kampung halaman. 

Biyunge dalam bahasa jawa ngapak memiliki arti Ibu.

3 Petasan

Suara riuh petasan menambah meriahnya malam lebaran. Kamu ikut menyalakan petasannya atau cukup puas dengan hanya menontonnya saja? Kalo aku sih cukup nonton. 

4 Takbir di Masjid

Ya, kamu melantunkan Takbir menggunakan Toa (pengeras suara) yang ada di Masjid. Nada yang kamu hasilkan mungkin tidak merdu, tetapi kamu melakukannya dengan perasaan penuh suka cita.

5 Menabuh Bedug dan kentongan di Masjid

Bedug, kentongan, bahkan ember pun dibunyikan mengiringi suara Takbir dari dalam masjid. Tidak menggunakan nada, tetapi suara yang ditimbukan memeriahkan suasana malam lebaran di kampung. 

6 Mendapatkan Uang Jajan Lebih

Malam lebaran memang malam paling spesial, orang tua kamu dulu memberi uang jajan lebih banyak. Jajanan apa yang dulu kamu idam-idamkan saat malam lebaran, soft drink fanta? sprite? 

7 Bermain Sampai Puas

Kamu akan bermain sepuas mungkin bersama teman-teman sebaya, mulai dari main pentak umpet sarung, sampai lari-larian gak jelas, tetapi seru banget kan? Bahkan kamu rela untuk tidur menjelang subuh sangkin asyiknya menghabiskan malam lebaran. 

8 Bercerita Sampai Larut

Ham, kamu puasanya bolong berapa? Kamu sudah beli baju baru belum? Pertanyaa-pertanyaan semacam itu dulu sering kamu lontarkan ke teman kamu, atau bahkan kamu sendiri yang mendapat pertanyaan itu. Juga obrolan lainnya hingga larut malam. Coba diingat-ingat lagi.


Belum ada Komentar untuk " 8 Kegiatan Jadul Saat Malam Lebaran di Kampung, Banjarnegara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel