9+ Oleh-oleh Khas Banjarnegara Ini Wajib Ada Di Listing Belanja Kamu

Kamu yang hendak liburan ke Banjarnegara, selain menentukan mau ke tempat wisata yang mana saja, kamu juga jangan sampai lupa dengan Oleh-oleh Khas Banjarnegara yang wajib kamu bawa pulang setelah berwisata dari sana. 

Seperti yang sudah di rangkum di bawah ini adalah daftar oleh-oleh yang khas di Banjarnegara

1 Salak Pondohnya yang terkenal

Salak pondoh khas banjarnegara


Sebagai penghasil buah salak di Indonesia, Banjarnegara memiliki bermacam jenis salak, yang paling terkenal adalah salak pondoh. Harga di sana cukup murah, yaitu antara 4000 hingga 5000 rupiah untuk 1 Kg.

Dan akan lebih murah lagi jika beli dari petaninya langsung di saat panen raya tiba.

Karena rasa yang manis dan ukuran lebih besar, salak pondoh selalu menjadi pilihan sebagai oleh-oleh yang khas dari Kabupaten Banjarnegara ini.

Untuk mencari penjual salak di tempat ini sangat mudah, karena mereka biasanya menjajakan dagangan di pinggir-pinggir jalan raya dan juga di pasar-pasar yang ada di kota tersebut.

2 Keripik Kentang kriuk renyah

keripik kentang oleh-oleh banjarnegara


Tidak hanya salak, hasil bumi lainnya dari Banjarnegara adalah kentang yang tumbuh subur. Berkat kentang yang melimpah, banyak masyarakat sekitar mengolahnya menjadi keripik, yang tentunya bisa juga untuk buah tangan khas Banjarnegara.

Jadi kentang dengan kualitas terbaik akan dikupas dan tentunya dicuci bersih. Selanjutnya diiris tipis dan masuklah ke penggorengan sampai matang, soal rasa ya jelas gurih juga miliki tekstur renyah.

Enggak Cuma orisinal, tersedia juga rasa pedas, keju juga balado dengan kisaran harga sekitar 25 ribu rupiah per kemasan isi 200 gram.

3 Dodol Salak memiliki tekstur lembut

dodol salak
Omiyago.com


Salak, selain buahnya yang manis juga bisa dijadikan dodol. Dodol salak dibuat dengan cara seperti olahan dodol pada umumnya, yang menjadi pembeda adalah adanya unsur salak di dalamnya, teksturnya lembut dan manis. Untuk harga dodol salak mulai dari 13.000 rupiah yang bisa kamu temukan di pusat oleh-oleh Banjarnegara.

4 Sirup Salak yang segar

Sirup salak khas banjarnegara
Kompasiana.com


Serba salak lainnya adalah sirup salak yang sudah pasti segar dan enak, apalagi ditambahkan es batu pasti lebih nikmat. Ingin sensasi berbeda bisa dicampurkan es cendol sama es campur. Kamu bisa beli sirup salak di toko oleh-oleh Banjarnegara, dengan harga mulai dari 22.000 perkemasan botol.

5 Batik Tulis Gumelem, setiap goresannya punya arti

batik tulis gumelem di banjarnegara
IG/rubyzarabatik


Motif atau Corak cantik dan unik terdapat pada batik tulis khas Banjarnegara. Di mana seriap goresannya memiliki makna tersendiri. Lokasi untuk membeli batik di Banjarnegara paling terkenal ada di kecamatan susukan. Harganya cukup murah, yaitu mulai dari 100 ribu untuk satu lembar. Di sana kamu juga diperbolehkan ikut belajar membatik.

6 Keripik Salak rasanya gurih

Keripik salak banjarnegara
alyza.co.id


Keripik salak khas Banjarnegara teraturnya renyah rasanya gurih dan tentu nikmat. Banyak dijual di toko oleh-oleh di Banjarnegara dengan berbagai kemasan, untuk saru kemasan kamu cukup merogoh kocek sedalam 9000 rupiah saja. Murah kan.

7 Kopi Biji Salak rasanya unik

Kopi biji salak banjarnegara


Warga Banjarnegara memang kreatif, yaitu mengubah biji salak menjadi bubuk kopi. Kamu yang doyang ngopi mesti coba nih, kopi biji salak yang punyai aroma nikmat. Para pencinta kopi bisa membelinya dengan harga 22 ribu rupiah per kemasan.

8 Apem tradisional

Kue apem


Kue apem adalah campuran dari santan kelapa dan gula, tepung beras, telur, dan sedikit garam. Teksturnya empuk dan enak rasanya. Kue ini juga banyak variannya antara lain : coklat, susu, keju dan lainnya.

Untuk mencicipinya kamu bisa dapatkan di pasar tradisional di Banjarnegara, harganya murah meriah cukup Rp3.000.

9 Kerajinan Poci

Kerajinan poci klampok
Fb/keramik mustika 3


Daerah klampok adalah pusat pengrajin poci terbesar di Banjarnegara miliki bentuk cukup unik yang dibuat dari tanah liat. Perlu kamu ketahui bahwa poci di sini sudah diekspor juga ke berbagai negara. Rp20.000 adalah harga untuk 1 set poci isinya 2 bentuk cangkir.

9+ Carica si pepaya dieng

Carica disebut juga sebagai pepaya dieng, ini merupakan manisan yang rasanya manis dan juga nikmat. Bisa dibeli di toko oleh-oleh di Banjarnegara seharga Rp20.000 untuk ukuran tertentu.

Akhirnya Carica sebagai penutup dari artikel tentang beberapa oleh-oleh khas Banjarnegara yang mungkin bisa kamu beli sebagai buah tangan untuk teman dan keluarga kamu di rumah. Jadi, kamu mau membeli oleh-oleh yang mana?

Belum ada Komentar untuk "9+ Oleh-oleh Khas Banjarnegara Ini Wajib Ada Di Listing Belanja Kamu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel