Ada 7 Event Festival Budaya Di Jawa Tengah

Apakah Event tahunan kebudayaan tetap digelar di Jawa Tengah saat pandemi virus Covid-19? Festival Wisata Budaya Tahun 2021 di Jawa khususnya Jateng tetap ada.

Ada 7 Event Festival Budaya Di Jawa Tengah

festival budaya jawa tengah
sederet event dan festival kebudayaan yang bisa di tonton tahun ini

Industri Event pariwisata memang salah satu sektor yang tak luput dari dampak negatif pandemi Covid-19.

Namun peluncuran “Jawa Tengah Calendar of Events 2021” di Kota Semarang menjadi bukti bahwa, Jateng tetap akan menggelar acara kebudayaan di saat virus corona seperti sekarang ini. Instagram [at]JatengGayeng

Launching kalender Event Jawa Tengah 2021 di masa pandemi covid tahun ini, sebagai semangat pariwisata ekonomi kreatif Jawa Tengah.

Dikutip dari kemenparekraf.go.id, bahwa Industri Event harus mengikuti protokol kesehatan berbasis CHSE ( kebersihan, kesehatan, keamanan, lingkungan ). Tidak terkecuali acara budaya tahunan di Jawa tengah tahun 2021.

Ada 7 Event yang akan diadakan di tahun ini, di bawah Kharisma Event Nusantara 2021 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Daftar Event di Jawa Tengah Tahun Ini, yaitu :

  • International Mask Festival
  • Festival Sindoro Sumbing
  • Festival Arak-arakan Cheng Ho
  • Solo International Performing Arts (SIPA) Festival
  • Dieng Culture Festival (DFC)
  • Festival Kota Lama
  • Festival Payung Indonesia

Jadwal Event di Jawa Tengah Tahun 2021

Ingat tanggalnya ya, Supaya tidak ketinggalan Event tahun ini di Jawa Tengah

International Mask Festival

Event Internasional Mask Festival akan digelar di Kota Surakarta (Solo) Jawa Tengah pada tanggal 11-12 Juni 2021. International Mask Festival (IMF) Adalah acara Internasional digelar setiap tahun, konsep yang diusung berupa Seni Topeng hingga Pameran Kerajinan Topeng.

Setiap tahun sejak 2014, SIPA Community menaungi Event berskala internasional ini. Ini akan menjadi tontonan yang menarik.

Festival Sindoro Sumbing 

Event Festival Sindoro Sumbing bisa diikuti mulai dari tanggal 9 Juni hingga 20 Juli tahun 2021 di Kabupaten Wonosobo & Temanggung

Ini merupakan Festival kolaboratif dari kabupaten pemerintah Temanggung dan Wonosobo, Juga komunitas dan swasta bertemakan “kearifan lokal”. Konsep yang di usung ialah seni pertunjukan.

Akan banyak seniman yang turut andil berpartisipasi pada Event ini, baik yang berasal dari daerah di Jawa Tengah, luar Jawa Tengah, hingga mancanegara.

Festival Arak-arakan Cheng Ho

Festival Arak-arakan Cheng Ho diadakan di Kota Semarang pada tanggal 18 sampai 19 Agustus 2021. 

Laksamana Cheng Ho sebagai tokoh penting yang berjasa untuk Kota Semarang. Konon, Cheng Ho juga turut menyebar luaskan agama Islam, ilmu perdagangan dan ilmu-ilmu lainnya.

Atas bakti baiknya, maka diadakan lah Festival Cheng Ho untuk mengenang hingga memperingati kedatangan dari Laksamana Cheng Ho di Kota Semarang 616 tahun silam.

Acara Kirab budaya ini dimulai dengan membawa patung Dewa, berjalan kaki mulai dari Klenteng Tay Kak Sie yang berada di Pecinan, menuju Klenteng Sam Poo Kong di Gedong Batu.

Festival ini turut dimeriahkan juga dengan berbagai pertunjukan kesenian yang meriah, dengan penampilan dari perpaduan seni Budaya Tionghoa dan Jawa.

Solo International Performing Arts (SIPA) Festival

Event  Solo International Performing Arts Festival di adakan di Kota Surakarta tanggal 9-11 September 2021

Solo International Performing Arts adalah pertunjukan seni lintas benua, mulai dari Asia, Australia, Eropa, Afrika dan Amerika sejak tahun 2009. Sajian kolosal dengan panggung spektakuler ini bisa menjadi tontonan yang menarik di masa pandemi.

Dieng Culture Festival (DFC)

Budaya Dieng Culture Festival digelar pada tanggal 10-12 September 2021 di Kabupaten Banjarnegara.

Sebuah festival bergengsi perpaduan budaya, tradisi unik dengan keindahan alamnya. Diketahui wilayah dataran tinngi dieng berada di antara kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo.

DFC akan menyuguhkan berbagai pertunjukan, dari musik Jazz di Atas Awan, ragam kesenian tradisional, dan ritual khusus cukur rambut anak gembel (gimbal).

Suhu di Dieng Plateu sangat dingin, tercatat suhu terendah dieng hingga minus 5 derajat Celsius.

Festival Kota Lama

Tanggal 15-25 September 2021 di Kota Semarang, akan menjadi Event budaya selanjutnya.

Sejak 2012, Festival Kota Lama terus digelar setiap tahun. Selain bertujuan pelestarian kawasan cagar budaya, festival kota lama juga sebagai daya tarik wisata. Dengan ragam warna nostalgia yang dihadirkan, seni, sampai kuliner legendaris nusantara yang khas.

Festival Payung Indonesia

Festival Payung Indonesia di Kabupaten Klaten tanggal 3-5 September 2021. 

Event ini digelar sejak tahun 2014 oleh Mataya Arts & Heritage, dan pada 2018 berkolaborasi dengan sister-festival & Borsang Umbrella Festival, dari Chiang Mai, Negara Thailand.

Festival Payung Indonesia adalah Event rakyat. Banyak yang berpartisipasi, diantara-Nya :

  • Perajin payung tradisi
  • beragam komunitas kreatif
  • pelestari seni tradisi
  • seniman kontemporer
  • fotografer
  • fashion desainer
  • artis dan lainya.

Festival ini akan memberi kesan tersendiri, karena diselenggarakan di sekitar  Candi Prambanan, tentu dengan nuansa Prambanan yang megah dan elegan.

Belum ada Komentar untuk "Ada 7 Event Festival Budaya Di Jawa Tengah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel