Uniknya 7 Makanan khas di Banjarnegara Untuk Wisata Kuliner

Kota Banjarnegara selain terkenal dengan destinasi wisata Dieng, juga punya wisata kuliner Banjarnegara yang paling khas yaitu minuman dawet ayu. Tapi banyak juga makanan khas Banjarnegara Jawa Tengah yang unik, terkenal dan lezat.

Sebelum mencari tahu makanan yang khas di Banjarnegara, kita bahas dulu secara singkat kota yang menjadi tetangga dari Purbalingga ini.

Banjarnegara merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Tengah. Yang memiliki kisah sejarah yang panjang dengan berbagai peristiwa penting dalam memperjuangkan bangsa Indonesia. Beberapa peninggalan historis seperti monumen Perjuangan Gerilya hingga Renville adalah sebagai bukti yang tertera.

Di samping itu, Kota yang ber-ikon dawet ini punya pesona alam yang layak Kamu kunjungi. Negeri atas awan atau Dieng merupakan satu dari banyak objek pelesiran di sana. Wilayah Dieng, secara administratif berada di sebagian Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo.

Kalau kamu mengunjungi objek wisatanya, maka menjadi tidak lengkap bila tidak mencoba wisata kuliner di Banjarnegara yang tersedia. Dengan beragam makanan khas Banjarnegara yang unik, enak, hingga membuat lidah bergoyang.

Inilah List Daftar Makanan Khas dari Banjarnegara yang bisa kamu coba

7 Makanan khas di Banjarnegara Untuk Wisata Kuliner

makanan khas banjarnegara


Makanan paling khas untuk menemani wisata kuliner Banjarnegara, antara lain:

Buntil 

Buntil adalah makanan khas Banjarnegara, dan terdapat 3 jenis yang diketahui sampai saat artikel ini ditulis. Tiga buntil tersebut ialah buntil gandhul, buntil talas, dan buntil singkong.

Penamaannya sesuai menurut penggunaan bahan-bahannya. Seperti daun pepaya untuk bahan buntil gandhul, daun talas sebagai bahan dari buntul talas, dan daun singkong tuk buntil singkong. Buntil memiliki isian yaitu campuran kelapa yang di parut, ditambah ikan teri, bumbu-bumbu dan memiliki kuah santan.

Perpaduan bahan yang digunakan menjadikan buntil punyai cita rasa pedas dan gurih. Akan lebih nikmat bila dibarengi nasi hangat dan petai, Pokoknya maknyus.

Bakso Kupat

Bakso Kupat, menjadi kuliner terfavorit di Banjarnegara. Baso kupat selalu ramai dikunjungi pembeli setiap hari. Dan bakso-bakso di Banjarnegara mempunyai cita rasa tersendiri, yang tidak akan kamu rasakan di kota lain.

Mi Ongklok

Mi Ongklok punya taste berbeda, untuk mendapatkan rasa yang istimewa, mi ini dibuat dengan di kocok bersama daging sapi /ayam.

Selain disajikan bareng daging ayam atau sapi, mi ongklok biasanya dilengkapi dengan sayur sawi, kol dan sayuran sejenisnya.

Soto Krandegan

Soto Krandegan adalah kuliner khas Banjarnegara. Sekilas soto ini mirip dengan opor ayam, namun makanan ini terbuat dari bahan-bahan seperti kuah santan, irisan taoge, ketupat, dan potongan daging sapi. Rasanya jauh nikmat dibanding opor.

Cara menghidangkan soto krandegan adalah dengan ketupat disiram kuah dari santan kental, ditambah taoge muda, campuran rempah-rempah, kemudian tambahkan daging sapi irisan.

Soto krandegan bisa dijumpai di dekat alun-alum kota Banjarnegara, yang sudah disediakan untuk wisata kuliner.

Combro Banjarnegara

Kuliner yang satu ini, berbahan baku singkong, biasanya di sajikan bersama lombok cengis (cabai rawit) dan teh manis.

Tekstur renyah, manis, gurih dan pedas adalah kombinasi yang dapat menggoyang lidah, camilan yang pas buat menemani kamu saat di Banjarnegara.

Tempe Mendoan Klampok

Selain combro, untuk wisata kuliner Banjarnegara yang wajib kamu coba adalah Tempe Mendoan Klampok. Tempe mendoan memang sudah melanglang seantero Indonesia, namun di sini berbeda.

Di Banjarnegara, tempe mendoan diracik menggunakan bumbu-bumbu spesial yang khas. Perlu diketahui, bahwa makanan tersebut dibuat saat dipesan, menjadikan makanan ini fresh, sangat pas dimakan selagi hangat.

Dawet Ayu Banjarnegara

Dawet ayu menjadi kuliner kategori minuman yang identik dengan Banjarnegara. Bahkan dijadikan ikon di depan alun-alun kota dengan patung perempuan dan dagangan dawet ayunya.

Sebagai informasi, bahwa pada tahun 2020 di ajang Anugerah Pesona Indonesia atau (API), Dawet dari Banjarnegara ini mampu menjadi nominasi kategori minuman populer.

Jika kamu pernah menikmati minuman ini di kota lain, coba bandingkan dengan meminumnya langsung di kota ini, dijamin rasanya berbeda jauh. Di sini rasa Dawetnya lebih nikmat berkali lipat, namun dengan harga lebih murah.

List dari 7 Wisata kuliner khas Banjarnegara tadi bisa menjadi rekomendasi yang patut dirasakan saat berada di Banjarnegara. Sangat pas tuk isi perut setelah puas eksplorasi tempat wisata seperti Dieng dan destinasi lainnya. Jika mata kamu terpuaskan oleh tempat wisata yang kaya akan panoramanya, maka lidah kamu juga harus diberi asupan yang kaya akan rasa.

Belum ada Komentar untuk "Uniknya 7 Makanan khas di Banjarnegara Untuk Wisata Kuliner"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel