4 Tempat Wisata Dieng Banjarnegara Terhits Tahun 2021

Bila ditanya, tempat Wisata di Jawa Tengah yang terbaik tahun 2021, menurut kami jawabannya adalah Dieng. Wisata Dieng Banjarnegara merupakan objek rekreasi populer dengan keindahan alami, udaranya yang sejuk, nan asri, dan Golden Sunrise terbaik yang terhits. Wisata Dieng memiliki daya tarik dengan suguhan alam yang memesona, pesona Wisata Dataran Tinggi Dieng akan membuat kagum tuk setiap pelancong yang berkunjung, dari yang gemar mendaki gunung, hingga yang cinta dengan situs-situs bersejarah.

Berada di antara kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo Jawa Tengah, Wisata Dieng dengan kata lain menjadi spot liburan yang selalu ramai di datangi wisatawan. Pengunjung yang datang bukan hanya turis lokal, wisatawan luar negeri pun banyak yang berdatangan tuk menikmati idahnya Negeri Atas Awan, negeri para Dewa. Setiap destinasi rekreasi punya ciri khasnya masing-masing, dan Wisata Dieng Banjarnegara dikenal luas akan Golden Sunrise-nya.

Pemerintah daerah juga mendukung penuh kawasan ini, dengan membuat “Tol Kahyangan” untuk memudahkan akses ke Dieng. Julukan Tol Kahyangan dipilih lantaran di sepanjang jalan itu tersaji keindahan alam yang menawan, yang terhampar pada setiap sisi jalan, ladang hijau terbentang di setiap jauh mata memandang, sungguh Adiluhung.

Berwisata ke Dieng juga bisa menjadi obat mujarab bagi mereka yang penat akan rutinitas pekerjaan di sejumlah kota-kota besar di Indonesia. Dengan sejumlah tempat wisata eksotis, menarik. Dieng menjadi layak tuk disambangi.

4 Tempat Wisata Dieng Banjarnegara Terhits Tahun 2021

wisata dieng banjarnegara


Empat tempat wisata yang paling hits dan terfavorit di kawasan Wisata Dieng Banjarnegara

Gunung Sikunir, Menjadi Lokasi Favorit Turis Wisata Dieng

Objek wisata nomor wahid yang wajib didatangi ketika mengunjungi Dieng yaitu Bukit Sikunir atau Gunung Sikunir. Bukit dengan tinggi mencapai 2300 mdpl menawarkan keajaiban indahnya pemandangan delapan gunung di sekitarnya, jika dilihat dari puncak.

Gunung Sikunir juga tersohor dengan julukan Golden Sunrise, yang bisa dinikmati ketika sampai di puncak bukit.

Untuk sampai ke puncaknya, bisa dengan mendaki paling telat jam 5 pagi. Karena mudah untuk melakukan pendakian ke puncak bukit ini, yaitu hanya butuh 30 sampai 45 menit untuk sampai di atas.

Sebelum berkunjung, kamu bisa ketahui beberapa fakta mengenai Bukit Sikunir

Sampai puncak gunung butuh waktu 30 menit

Gunung ini boleh dikatakan mudah untuk pendaki pemula hingga sampai ke puncak. Pelancong yang datang hanya membutuhkan 30 sampai 45 menit untuk mencapai puncak tertinggi gunung sikunir.

Jadi, saat kamu melakukan hiking mulai pukul 05.00 WIB pun, tidak akan ketinggalan untuk melihat golden sunrise Gunung Sikunir.

Waktu yang dihabiskan relatif singkat untuk menjumpai puncak gunung yang berlokasi di Desa Karangsari, Dieng Kulon, Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah ini. 

Menjadi yang terfavorit wisatawan di Dieng

Selain Gunung Prau, jika sedang berada di Banjarnegara, sepertinya kamu mesti mampir ke Gunung Sikunir.

Karena, hampir setiap wisatawan yang melancong ke Banjarnegara khususnya Dataran Tinggi Dieng, pasti akan datang ke Gunung Sikunir.

Alasan mereka datang jelas, bahwasanya Gunung Sikunir dikenal punyai golden sunrise terbaik di Negeri para Dewa ini.

Oleh sebab keindahan mentari terbitnya, tak jarang wisatawan merelakan diri datang dan mulai mendaki pagi-pagi buta sejak waktu subuh atau sekitar pukul 04.00 WIB.

Bagi pendaki pemula atau yang belum berkesempatan mendaki Gunung Prau, akan lebih memilih Gunung Sikunir yang lebih rendah, dengan tinggi 2300 mdpl.

Dari puncak bisa melihat 8 gunung sekaligus

Selain matahari terbit yang memesona, Gunung Sikunir juga menyuguhkan hal lain yaitu panorama delapan gunung di sekitar bukit

Wisatawan yang menggapai puncak bukit ini, mendapat bonus panorama indah gunung di sekitar bukit yang jumlahnya banyak

Gunung Sindoro hingga Sumbing, Gunung Prau, Gunung Slamet, Gunung Merbabu, dan Gunung Merapi. Adalah 8 gunung yang bakal kamu lihat secara bersamaan.

Gunung -gunung tersebut akan jelas terlihat jika cuaca bersahabat. Bila tidak, mungkin hanya beberapa saja panorama gunung yang bisa dilihat.

Puncak Gunung Prau Untuk Melihat Sunrise Terbaik di Wisata Dieng

Bila berwisata ke dataran tinggi tanpa aktivitas mendaki, rasanya menjadi kurang lengkap. Bagi mereka yang doyan hiking, melakukan pendakian ke puncak gunung prau patut tuk dicoba. Diketahui tinggi gunung ini sekitar 2600 di atas permukaan laut.

Gunung prau adalah yang tertinggi di Dieng, waktu untuk melakukan pendakian rata-rata 3-4 jam sampai puncak, itu adalah waktu yang relatif cepat untuk kategori pendakian sebuah gunung hingga puncaknya. Di titik teratas Dieng, kamu bisa menjumpai Sunrise terbaik yang mampu mengusir segala penat.

Candi Arjuna, Menjadi yang Terfavorit Milenial Hunting Photography

Spot Candi Arjuna menjadi yang terhits dari seluruh kawasan Candi-candi yang ada di dieng, diperkirakan mencapai total luas 90 hektare. Komplek Candi Arjuna sendiri letaknya di Kabupaten Banjarnegara, tepatnya di Desa Dieng Kulon.

Dengan luas 1 hektare, menjadikan Kawasan Candi Arjuna yang terfavorit bagi milenial, untuk hunting photography yang tiada habisnya.


Telaga Warna, Keunikan Warna Air Selalu Berubah

Waktu paling pas melihat perubahan warna air di Telaga Warna adalah di bulan Juli hingga Agustus. Karena bertepatan dengan musim kemarau, sehingga punyai kesempatan menyaksikan warna air di telaga menjadi merah, kuning, biru dan hijau.

Berubahnya warna juga dikaitkan dengan mitos, di mana terdapat pusaka di dalam telaga. Namun secara rasional, yang menjadi penyebab perubahan adalah adanya ekosistem di dalam telaga warna.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel