Panorama Apik Waduk Mrica tuk Wisata di Banjarnegara

Wisata Banjarnegara. Waduk Mrica sebagai tempat wisata di Banjarnegara Jawa Tengah (jateng) mempunyai panorama apik. Selain Dieng yang sudah terkenal ,Mbanjar juga punyai obyek rekreasi dengan pemandangan danau yang menyejukkan mata, yaitu Wisata Waduk Mrica Banjarnegara.

Panorama Apik Waduk Mrica tuk Wisata di Banjarnegara

wisata waduk mrica banjarnegara
instagram/ wianda_art10


Kota dawet ayu ini terkenal suhu udaranya yang cukup sejuk, terlebih di daerah-daerah dataran tinggi, tentu lebih dingin. Selain geografis wilayah banjar yang didominasi perbukitan, di kota ini juga punyai Bendungan Panglima Besar Jendral Sudirman yang dikenal juga dengan Waduk Mrica.

Waduk mrica difungsikan sebagai PLTA atau pembangkit listrik tenaga air, untuk memberi suplai di pulau Jawa dan Bali. Namun, berkat panorama apik, udaranya yang segar, hingga pemandangan indah menjadikan Waduk Mrica sebagai salah satu lokasi Wisata yang ada di Banjarnegara.

Yang menarik dari Wisata Waduk Mrica

Setiap tempat wisata tentu memilik daya tarik, tak terkecuali Waduk Mrica. Bendungan yang berada di Banjarnegara ini sangat luas, jika di lihat dari tepi akan terlihat seperti berada di pinggir lautan. Kilau sinar mentari yang memantul tepat di atas permukaan air ditambah gemercik suara danau akan mampu memikat siapa pun yang memandanginya. Saat cuaca cerah di kala sore, akan tercipta lanskap eksotis bersama jingga langit.

Bila kamu berkesempatan ke Banjarnegara, Waduk Mrica adalah lokasi wisata yang mesti ada pada list tempat berlibur kamu. Waduk mrica saat akhir pekan selalu ramai, menjadi tujuan turis lokal hingga luar kota. Biasanya mereka yang datang untuk menikmati keelokan alam dan rimbunnya pepohonan di tepi air. Ada juga pengunjung bersama sanak saudara (rombongan) berpiknik, menyantap bekal di atas gelaran tikar sembari memuaskan mata akan pesona alami waduk mrica.

Untuk yang gemar hunting photography atau swafoto, waduk mrica mampu menyediakan spot apik di setiap sudut. Angin sepoi di antara pepohonan rindang di setiap tepi danau menambah suasana bak surga duniawi.

Lokasi Waduk Mrica Banjarnegara

Jika kamu bertanya, Di mana lokasi Wisata Waduk Mrica Banjarnegara Jawa Tengah ?
Lokasinya ada di Banjarnegara sebelah Barat dari pusat kota, berada di tepi jalan besar yaitu Banjarnegara – Purwokerto. Dari jalan besar masuk sedikit lagi ke arah dalam, ditandai dengan adanya pintu gerbang bertuliskan Wisata menuju Waduk Mrica.

Dan berada antara Kecamatan (Wanadadi, dan Kecamatan Bawang) Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.
Atau jika ingin memanfaatkan GPS dari maps google bisa dengan memasukkan kata kunci /keywords “Wisata Waduk Mrica Banjarnegara di Jawa Tengah. Pasti akan muncul.
Atau bisa bertanya ke penduduk setempat, pasti di beri arah yang sesuai karena warga sekitar Banjarnegara itu ramah-ramah, secara orang Jawa.

Fasilitas di Tempat Wisata Waduk Mrica

Seperti tempat wisata pada umumnya, waduk mrica juga menyediakan berbagai fasilitas umum yang bisa di manfaatkan oleh wisatawan yang bertamasya di Banjarnegara.

Fasilitasnya yaitu :

  • Area Parkir kendaraan (mobil, motor, atau kendaraan lainnya)
  • Wisata air, di sediakan juga perahu motor, gethek, dan pemancingan
  • Arena bermainan untuk Anak-anak
  • Panggung untuk pentas pertunjukkan
  • Lapangan golf
  • Kamar mandi hingga toilet
  • Warung makan dan camilan

Bagi yang hobi olah raga, di dekat waduk tersebut juga memiliki spot untuk arung jeram. Sungai serayu terkenal atas arung jeramnya, dan waduk itu sebagai hulunya. Trek sepanjang 12 kilometer menjadikan lintasan arung jeram patut di coba selagi berwisata di Banjarnegara

Moda Transportasi

Transportasi yang mengarah ke tempat wisata waduk mrica juga menjadi sangat penting. Untuk turis lokal yang berasal dari kota mbanjar, tentu sangat mudah tuk bisa sampai ke tempat ini.

Namun, teruntuk wisatawan luar kota bisa dengan menggunakan beberapa moda transportasi, cukup banyak pilihan yang bisa digunakan.

Kendaraan pribadi (bisa mobil atau motor)


Jika belum tahu arah jalan, Google Mpas bisa diandalkan, kamu hanya perlu ketik di Pencarian Lokasi Google Maps dengan kata “ Wisata Waduk Mrica di Banjarnegara Jawa Tengah “. Petunjuk arah pun akan muncul dan memandu hingga kamu sampai di lokasi.

Transportasi Umum


Tersedia cukup banyak transportasi umum yang bisa membawamu menuju lokasi. Di terminal Banjarnegara tersedia bis mikro, angkot dan lainnya.

Atau mau Naik ojek online ke Wisata Waduk Mrica Banjarnegara juga dapat kamu coba, supaya lebih praktis.

Untuk mendapatkan pengalaman berwisata yang lebih lengkap, mungkin kamu juga perlu mengerti sejarah destinasi yang disambangi.

Sejarah Waduk Mrica Banjarnegara

Waduk Mrica Banjarnegara dibangun pada tahun 1989. Pada awalnya bendungan dimanfaatkan sebagai irigasi dan penggerak turbin untuk menggerakkan turbin pembangkit listrik tenaga air, dengan kapasitas hingga 180 Mw.

Tentu salah satu tujuan irigasi adalah agar dapat menopang sektor pertanian, persawahan di Banjarnegara luasnya diperkirakan mencapai 5000 hektare.

Namun karena lokasinya yang strategis serta memiliki panorama indah nan cocok untuk berfoto ria, akhirnya Waduk Mrica dikembangkan dan dikelola, sehingga dijadikan Tempat Wisata di Banjarnegara.

Tips berwisata

Sebelum melakukan perjalanan ke tempat wisata waduk mrica Banjarnegara, persiapkan apa-apa saja yang kiranya dibutuhkan tuk menemani eksplorasi, Seperti membawa bekal, air minum, obat-obatan bila perlu.

Jangan lupa bawa juga kamera, agar momen bahagia kamu di lokasi wisata yang indah di Banjarnegara, bisa kamu abadikan dan bagikan ke media sosial milik kamu.

Ingat, berdoa sebelum dan setelah memasuki area wisata.

take care of yourself..., yaa.

Belum ada Komentar untuk "Panorama Apik Waduk Mrica tuk Wisata di Banjarnegara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel