Dari Dawet Ayu Hingga Dieng, 8 Andalan Pariwisata Banjarnegara yang Bikin Bangga

Pesona Banjarnegara
instagram/_octaviiel_


Mungkin bagi sebagian orang nama Banjarnegara akan berkaitan dengan peristiwa kawah sileri dieng yang erupsi pada akhir april 2021 kemarin. Banjarnegara juga populer dengan muniman es dawet ayu yang kaya akan rasa karena menggunakan tepung beras, dibandingkan tepung terigu seperti yang digunakan pada dawet biasa .

Namun, apakah itu saja yang bisa diingat dari Mbanjar (sapaan akrab Banjarnegara)? Walaupun tidak seperti Yokyakarta dan Kebumen, Kabupaten yang bertetangga langsung dengan wonosobo ini tidak memiliki pantai yang indah. Tapi, hawanya sangat sejuk juga bersih karena wilayahnya didominasi daerah perbukitan dan dataran tinggi. Juga mudah kok untuk mencapai tempat ini karena letak Banjarnegara berada di paling tengah Jawa.

Memangnya tempat mana saja yang mesti disinggahi dari Banjarnegara ini? Mari kita berkeliling setiap sudut Banjarnegara dan jumpai pesona wisata tersembunyi di balik bukit-bukitnya.

1 Bukan hanya dimiliki Wonosobo, Karena Wilayah Dieng Sebagiannya masuk Banjarnegara. Coba datang ke sana agar merasakan jadi tamu di “negeri” para dewa.

dieng kulon
instagram/dewiwd99_


Ternyata area dataran tinggi Dieng bukan hanya dimiliki Wonosobo, separuhnya masuk wilayah administratif Banjarnegara, lebih tepatnya di kecamatan Batur desa Dieng Kulon. Di wilayah penghasil buah carica di Indonesia, kamu akan merasakan suhu dingin pada ketinggian hingga 2.000 mdpl sembari menikmati lansekap apik negeri pada dewa.

Di kawasan Dieng kulon sendiri terdapat beberapa objek wisata seperti kawah terbesar di Dieng yaitu Kawah Sileri, Sumur Jalatunda, Telaga Drigo juga Kawah Candradimuka. Dari pusat keramaian Banjarnegara kamu bisa mencapai Dieng dengan waktu perjalanan sekitar 1 jam.

2 Jangan beranjak dulu dari Dieng, masih ada Curug Sirawe yang punya air hangat dan dingin dalam satu aliran

Curug sirawe
instagram/vakih_s


Air terjun cantik bersama Curug Sirawe berada di Desa Kepakisan, Kecamatan Batur. Dari ketinggian 80 meter air dingin dan panas jatuh secara bersamaan, pas buat bermain air di tempat yang dingin.

Akses ke tempat ini cukup sulit sehingga belum terlalu ramai pengunjung. Menggunakan kendaraan juga hanya sampai titik tertentu, selebihnya kamu harus berlanjut dengan jalan kaki. Memang butuh usaha ekstra untuk bisa sampai dan menikmati gemercik air yang menari di atas bebatuan. Ditambah, tumbuhan hijau nan rimbun disekitar.

3 Pitu artinya tujuh, air terjun pitu bertingkat 7 layaknya anak tangga surga

Curug pitu
instagram/anisarzqya_r


Jadi, kamu mesti pandang ke atas untuk melihat aliran air bagai tangga menuju khayangan. Curug pitu artinya “tujuh air terjun”. ya, berjejang tujuh. Air dingin bisa kamu rasakan di bawahnya sembari mandi. Setelah puas berenang, rasanya kamu perlu menaiki pucak dari air terjun, untuk suguhan pemandangan yang tidak akan kamu lupakan.

Kamu hanya perlu 20 menit dari pusat kota Banjarnegara untuk bisa menyambangi tempat yang berada di jalan raya Banjarnegara - Wonosobo ini. Curug pitu berlokasi tepat di Desa dan Kecamatan Sigaluh, lihatlah keindahannya.

4 Ini buat penyuka tantangan, menyusuri jeram-jeram sungai serayu dengan perahu karet

Rafting sungai serayu
instagram/bayo0lll_


Buat adrenaline junkie, kamu cobain deh serunya rafting menyusuri sungai serayu. Total ada lima kabupaten yang dialiri sungai ini, mengalir dari Wonosobo – Banjarnegara – Purbalingga hingga Banyumas dan Cilacap pastinya. Panjang jalur arung jeram serayu Banjarnegara adalah mencapai 26 Km, wahana ini punya tingkat kesulitan dari grade 3 sampai grade 5. Jalur berarung jeram dapat kamu susuri, dan butuh waktu antara 2,5 - 5 jam. Fyi, sungai cukup sering dijadikan arena lomba arung jeram hingga kelas dunia. Wih... mantap.

Tersedia pemandangan indah sepanjang track lembah sungai serayu yang bisa kamu nikmati sembari berjeram-jeram dengan perahu karet. Sejenak, dada mulai berdebar bersama pelarian dari rutinitasmu sehari-hari.

5 Mau melihat macan. Gak usah terbang ke Afrika. Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas di Banjarnegara juga punya

Taman marga satwa serulingmas
Kompasiana


Kebun binatang Selamanik dikenal juga dengan (TRMS) Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas. Taman margasatwa satu-satunya di Jateng selatan ini juga sebagai ikon terkenal di Banjarnegara. Dari ibu kota Banjarnegara berjarak 1 Km saja jika kamu ingin melihat mini Afrika. Rasanya pas banget untuk wisata keluarga ke TRMS.

6 Si elok Waduk Mrica di Banjarnegara, punya tampang layaknya “pantai” di dataran tinggi

Memandangi pesona waduk mrica
instagram/larasshintaaaa


Memang betul kalau Banjarnegara itu tak punya pantai pasalnya ada di sentral daratan. Namun, bila kamu kepingin nikmati lanskap permukaan air yang luas, bisa kok, hanya dengan berkunjung ke Waduk Mrica. Sebagai danau buatan paling gede se-Asia Tenggara, yang membendung Sungai Serayu. 

Jalan-jalan keliling waduk sambil menonton panoramanya yang dikepung perbukitan. Tidak hanya itu, Waduk Mrica memiliki fasilitas wisata yang cukup lengkap yang menjadikannya sebagai satu di antara tempat wisata favorit keluarga. Mungkin kamu ingin naik perahu dan memancing, atau bahkan bermain golf juga bisa di tempat pelesiran ini.

Bukan hanya untuk berlibur, waduk juga memberi manfaat terpenuhinya suplai listrik untuk Jawa dan Bali, berkat pembangkit listriknya.

7 Seolah sedang di Singapura dan Amerika. Surya Yudha Park punya versi mini Liberty dan Merlin

Patung merlin surya yudha park
instagram/larasshintaaaa


Ngapain jauh-jauh ke New York atau Singapura hanya untuk swafoto sama patung yang menjadi ikon ke dua negara tersebut. Cukup datang ke Surya Yudha Park Banjarnegara saja kamu juga bisa mejeng depan patung Merlin.

SYP atau Surya Yudha Park merupakan taman berlibur tema air terlengkap di Banjarnegara, mengusung konsep wisata terpadu. Dilengkapi juga dengan hotel berbintang, rafting, outbound, serta arena olahraga.

Atau kamu mau menonton film layar lebar? Di tempat ini ada Bioskopnya juga lho.

8 Sudah puas dengan wisatanya, belum lengkap rasanya saat Di Banjarnegara belum icip-icip kuliner khasnya

Dawet ayu banjarnegara
instagram/ammy_tok_tok


Jangan sampai terlewat berburu ragam kuliner khas di Banjarnegara, lidah kamu pasti sudah gak sabar buat mengunyah mereka. Mungkin lidah kamu pernah mencicipi dawet, tapi nyobain dawet ayu yang orisinal di kota ini patut dicoba. Perpaduan cendol yang beraroma wangi pandan, disiram santan kelapa, bersama gula merah tentu menyegarkan, ditambah irisan nangka juga es batu hem... mak nyus.

Nikmatnya soto paling terkenal di Banjarnegara yaitu soto krandegan harus kamu jajal. Agak mirip tapi berbeda sama soto nusantara, di mana soto Banjarnegara pakai kuah kuning, potongan daging sapi taoge, bawang goreng, daun bawang yang diiris. Coba sendiri gurihnya.

Akhirnya kuliner menyudahi artikel tentang pesona pariwisata yang sudah disediakan oleh Kabupaten Banjarnegara. Tinggal kamu explore.

Belum ada Komentar untuk "Dari Dawet Ayu Hingga Dieng, 8 Andalan Pariwisata Banjarnegara yang Bikin Bangga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel