Kuliner Makanan Khas Purbalingga, Paling Populer Soto Kriyik

Sebagai bagian dari karesidenan Banyumas menjadikan Purbalingga salah satu kabupaten berbahasa ngapak. Berada di provinsi Jawa Tengah, Purbalingga memiliki beragam tempat wisata dan tentunya kuliner khas dari makanannya yang populer. Apa saja makanan khas Purbalingga? 

Soto Kriyik, yang populer

Soto kriyik kuliner makanan khas purbalingga


Musim liburan ini jika kamu ke Purbalingga rasanya kamu perlu mencicipi kuliner khasnya yang populer, yaitu soto kriyik.

Satu mangkok soto kriyik adalah perpaduan ketupat dari beras pilihan, suwiran ayam dan jeroan, mie bihun ditambah kecambah, serta bahan lainnya. Jangan lupa siram pakai sambal kacang untuk rasa pedasnya.

Seporsi soto kriyik bisa kamu nikmati hanya dengan harga Rp10.000 saja.

Sate Blater dengan bumbu khusus

Sate blater makanan khas purbalingga


Disebut sate blater karena asalnya dari desa blater, yang menjadi bagian dari kecamatan Kalimanah. 

Sebelum dibakar, sate blater direndam dahulu pada bumbu khusus, inilah yang membuatnya berbeda dengan sate ayam dari daerah lain.

Untuk 10 tusuk sate, harga mulai dari Rp10.000. Pedagang sate blater cukup banyak berjajar di sekitaran jalan Mayjend Sungkono.

Gulai Melung, yang dimasak secara tradisional

Gulai melung khas purbalingga
instagram/ikmaryana


Gulai melung khas Purbalingga Dimasak menggunakan cara tradisional. Cita rasa yang khas membuatnya diminati para penikmat gulai.

Untuk menjajal makanan gulai melung yang terdiri dari serba kambing, yaitu daging-jeroan-kaki-kepala-tulang-juga sumsum, atau sesuai selera. Kamu mesti siapkan sedikitnya Rp35.000 per porsinya.

Soto So, si daun melinjo

Soto so khas purbalingga


Kuah dan isian soto diberi daun melinjo yang masih muda (so). So sendiri adalah julukan dari masyarakat jawa untuk godong (daun) melinjo.

Dengan harga Rp20.000 satu porsi, soto so akan dinikmati bersama daging (sapi/ayam), bihun, kecambah, kerupuk dan tentunya daun so.

Es Durian segar

Es durian kuliner khas purbalingga
instagram/raja_esduriann


Pastinya, selain berbagai makanan lezat yang bisa menggoyang lidah, kamu perlu mendapat asupan yang segar-segar. Ini dia Es durian khas Purbalingga yang populer. Patut kamu coba juga.

Gading buah durian ini teksturnya lembut serta rasanya manis. Dalam satu mangkuk, terdapat santan, bersama air gula dan es batu. Untuk harga es durian Purbalingga adalah Rp15.000, bisa disesuaikan isian sesuai selera kamu.

Kue Nopia khas Purbalingga

Kue nopia khas purbalingga


Kue ini memiliki bentuk seperti telur dengan bagian dasar sedikit gosong. Dibuat menggunakan tepung terigu, susu, diberi gula merah untuk isiannya. Cara memasaknya pun memakai gentong yang sudah dipanaskan, kemudian nopia yang telah dibentuk ditempel pada dinding gentong tersebut.

Kamu pun cukup merogoh kocek Rp15.000 untuk harga satu bungkus, nopia adalah kuliner khas yang bisa dijadikan hadiah keluarga saat pulang.

Jadi, beberapa kuliner khas Purbalingga tadi bisa menjadi rekomendasi kamu saat wisata kuliner di kota perwira ini. Tinggal pilih menu mana yang ingin kamu cicipi duluan.

Belum ada Komentar untuk "Kuliner Makanan Khas Purbalingga, Paling Populer Soto Kriyik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel