Bukit Angkruk Kranis, Pemandangan Eksotis di Banjarnegara

Banjarnegara tak pernah kehabisan destinasi wisata alam untuk dikunjungi. Kota yang telah memenangkan Anugerah Pesona Indonesia 2020 dengan minuman khas Dawet Ayu ini memiliki beragam tempat wisata dengan pemandangan alam yang masih asri. Salah satunya Bukit Angkruk Kranis.

Sebenarnya, Wisata Bukit Angkruk Kranis adalah jalur penghubung antara Kecamatan Pandanarum dengan Mlaya dan Tlaga Punggelan, Banjarnegara. Bukit Angkruk Kranis sendiri adalah sebutan bagi Bukit yang letaknya berada di wilayah hutan atau perhutanan angkruk ranis.

Nah, sebelum kamu menikmati keeksotisannya, ada baiknya memahami dulu informasi wisata Bukit Angkruk Kranis. Simak di bawah ini ya!

Rute menuju Bukit Bukit Angkruk Kranis Pandanarum

Bukit Angkruk Kranis, Pemandangan Eksotis di Banjarnegara


Terdapat dua jalur untuk menuju ke destinasi eksotis ini jika start dari Terminal Induk Banjarnegara, yaitu melalui Jl. Campur Salam /Jl. Raya Bengkok – Banjarnegara dan kamu juga bisa lewat Jl. Raya Timur Wanadadi.

Bila dilihat dari puncak bukit, jalanan akan tampak seperti Tol Kahyangan Dieng. Di bawah sudah aku kasih maps yang bisa kamu ketuk supaya memudahkan.

Lokasi, jam operasional, harga tiket



Lokasi: Jl. Raya Pandanarum, Area Hutan/Perkebunan, Tlaga, Pandanarum, Banjarnegara, Jawa Tengah

Jam operasional: Selalu buka, mengingat tempat ini belum dikelola seutuhnya. Yang artinya masih sangat alami. Namun untuk lanskap yang memesona sebaiknya mengunjungi bukit saat siang hari.

Harga tiket: saat artikel ini ditulis, belum ada harga yang harus dibayarkan. Gratis!

Aktivitas seru yang bisa kamu lakukan

Pemandangannya indah
Pilih pose terbaik seperti pasangan muda ini juga oke gambar milik instagram/palipal__

Di Bukit Angkruk Kranis ini, kamu bakal disibukkan untuk memilih gaya berfoto terbaik, karena banyak spot foto yang unik dipadukan dengan alam cantik di sejauh mata memandang. Kalau kata Bupati yang bernama Bapak Budhi Sarwono sih “Pemandangan di sini seperti di luar negeri” yang dikutip dari kanal Youtube Banjarnegara Kab.

Bersepeda

Bukit Angkruk Kranis, Pemandangan Eksotis di Banjarnegara


Aktivitas bersepeda menyusuri jalur menuju bukit semakin seru, hawa sejuk dan suasana alam yang begitu asri bakal memberi pengalaman baru yang mungkin tidak ditemui di tempat lain. Jika sampai di puncaknya kamu bisa swafoto bareng teman-teman komunitas.

Warung dan Area Parkir

Bukit Angkruk Kranis, Pemandangan Eksotis di Banjarnegara


Di tepi jalan tersedia sederet toko atau warung angkruk kranis yang menyediakan berbagai jajanan serta beberapa yang khas di sana. Jika kamu datang dengan berkendara, kamu bisa menitipkan kendaraanmu.

Oleh-Oleh Khas

Seperti sudah menjadi hal wajib untuk membeli buah tangan ketika piknik, tak terkecuali saat berpiknik ke angkruk kranis. Kamu dapat membeli oleh oleh khas Banjarnegara, seperti Ampyang, carang madu, peyek dan masih banyak lainnya.

Ampyang atau lebih dikenal dengan nama Rengginang

Beli rengginang warung gue


Memiliki cita rasa gurih dan renyah. Dibuat menggunakan bahan Beras ketan, diolah bersama bumbu rahasia kemudian dikukus, setelah itu ampyang dibentuk menyerupai lingkaran dan dijemur hingga kering.

Carang Madu

Beli carang madu warung gue


Carang madu adalah camilan renyah bentuknya menyerupai kumpulan lembaran mirip carang atau ranting bambu, diolesi gula merah di atasnya. Sarang madu adalah paduan antara bahan-bahan pilihan dimana santan, tepung beras dan gula berpadu menjadi satu.

Peyek di desa ini dinamai Rempeyek

Beli peyek warung gue


Rasanya gurih, renyah, kaya akan rasa bumbu-bumbu pilihan yang diolah menggunakan cara tradisional. Ada yang kacang hingga kedelai, tinggal pilih sesuai selera.

Semua itu bisa kamu beli di toko “Warung Gue” yang lokasinya ada di kelurahan Tlaga dusun Larangan, Rt 04 Rw 01. Hanya berjarak 100 meter dari Masjid Thooriqul Jannah Tlaga Larangan. Soal harga nggak usah khawatir, karena Harga camilan di Warung Gue sangat terjangkau. Warung Gue juga menerima pesanan.

Belum ada Komentar untuk "Bukit Angkruk Kranis, Pemandangan Eksotis di Banjarnegara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel