Cara Cek Penerima JPS Bansos Jateng di Link caribdt.dinsos.jatengprov.go.id

 JPS Bansos Jateng

Cara Cek Penerima JPS Bansos Jateng di Link caribdt.dinsos.jatengprov.go.id

Khusus bagi warga Jawa Tengah, ini dia link login untuk mengecek apakah kamu termasuk yang menerima JPS Bansos Jateng pangan bagi masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19 Provinsi Jawa Tengah.

Website cek bansos caribdt.dinsos.jatengprov.go.id adalah data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) yang mengacu pada keputusan kementerian sosial nomor KEPMENSOS/146/HUK/2020.

DTKS Jateng sendiri merupakan sekumpulan database yang isinya data warga jawa tengah terkait terdaftar atau tidaknya sebagai yang menerima sejumlah program kesejahteraan sosial dengan berbagai macam kriteria pada masing-masing Individu dan kelompok keluarga atau Rumah Tangga.

Data bansos selalu update setiap satu bulan sekali, namun untuk DTKS/BDT berdasar surat keputusan bersama tiga menteri, antara menteri keuangan, menteri dalam negeri dan menteri sosial diperbaharui dua kali dalam satu tahun.

Menurut situs dinsos.jatengprov.go.id, apabila dijumpai perbedaan data bansos termasuk PKH, BPNT serta KIS dan lainnya, masyarakat bisa melakukan pengecekan ulang di periode selanjutnya untuk mendapatkan data paling baru.

DTKS/BDT Jateng ditetapkan oleh kementerian sosial (kemensos) dimana usulan berasal dari perangkat desa atau masing-masing kelurahan yang kemudian diteruskan kepada dinsos Kabupaten dan Kota.

Cara cek jps bansos jateng

Cari info bansos pangan provinsi. Jaring pengamanan sosial bantuan pangan non tunai (sembako) dari pemerintah provinsi jawa tengah.

By NIK

Masuk ke link https://caribdt.dinsos.jatengprov.go.id/public/dasbansos

Skrol ke bawah, hingga menemukan kolom NIK

Masukkan nomor NIK pada kolom yang tersedia

Kemudian tekan “Kirim”

Seketika layar akan menampilkan sejumlah informasi apakah no NIK yang kamu masukkan termasuk sebagai penerima jps bansos jateng atau tidak.

By Nama

Pada halaman website yang sama

Pilih kabupaten atau kota asal kamu sesuai yang tertera di KTP

Ketuk kecamatan yang paling sesuai

Tentukan desa/kelurahan tempat kamu tinggal

Masukkan nama lengkap seperti yang tertulis pada KTP kamu

Klik tombol kirim

Maka pada layar hp akan memunculkan informasi.

Cara cek DTKS/BDT Jateng

Cari BDT (DTKS) menggunakan nomor BBD, No KK dan NIK. Ini untuk mengecek penerima PKH, KIS, KIP(Kartu Indonesia Pintar) dan BSP(Bantuan Sosial Pangan). Berikut langkah-langkah pengecekkan.

Buka tautan https://caribdt.dinsos.jatengprov.go.id/public/dashboard

Gulir layar ponsel ke arah bawah

By ID BDT, masukkan nomor BDT pada kolom yang ada, kemudian kirim.

By NIK, Input 16 angka atau nomor KTP, lalu ketuk “kirim”

By No KK, ketik nomor kartu keluarga pada kolom, kemudian, Kirim.

Lihat juga info bansos terbaru

Itulah cara cek JPS Bansos Jateng, untuk mengetahui kamu merupakan warga Jawa Tengah yang termasuk sebagai penerima bantuan sosial terdampak COVID-19.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel