Inilah Semua Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Apa Itu Clubhouse Apps

 Aplikasi berbasis audio ini, sekarang bisa digunakan untuk semua orang, termasuk mendengarkan panggilan telepon orang lain, secara legal. Inilah yang perlu Kamu ketahui tentang Clubhouse untuk Android dan iPhone.

Inilah Semua Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Apa Itu Clubhouse Apps

Apakah kamu juga salah satu yang bertanya-tanya kenapa akhir-akhir ini banyak orang ngomongin tentang Clubhouse?. Gara-garanya Elon Musk  yang sering muncul di ruang Clubhouse pada awal tahun 2021, begitupun Bill Gates. Terkadang apa-apa saja yang dilakukan orang paling kaya di planet ini selalu saja menjadi pusat perhatian, termasuk layanan yang dipakainya. Inilah yang rasanya perlu kamu ketahui tentang aplikasi audio chat yang lagi viral.

Oke, jadi apa itu? Intinya begini: Bayangkan Kamu punya aplikasi di HP yang memungkinkan Kamu mendengarkan percakapan langsung orang lain. Tapi tidak dengan cara ilegal; obrolan merekan memang ingin didengar. Mereka bahkan mungkin terkenal, atau setidaknya menarik atau berpengetahuan luas (walau tidak ada jaminan). Dan Kamu mungkin diberi kesempatan untuk bergabung dengan obrolan. Anggap saja sebagai jejaring sosial obrolan audio. Atau seperti yang dikatakan Jordan Minor dari PCMag dalam suatu ulasan, "Bagaimana jika Twitter adalah podcast?"

Inilah Semua Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Apa Itu Clubhouse Apps
Logo Clubhouse baru per Juli 2021

Kapan tanggal rilis? Clubhouse diluncurkan (berbarengan dengan COVID di Amerika Serikat!) yaitu pada bulan Maret tahun 2020. Ini menjadi masalah besar bagi beberapa orang terpilih sebagian karena eksklusivitas awalnya hanya untuk mereka yang diinvite, seperti klub sepak bola terkenal. Pada awalnya, itu adalah komunitas kecil, terutama terdiri dari pemodal ventura (investor profesional untuk perusahaan baru dan starup). Lagi pula, perusahaan di belakang Clubhouse—Alpha Exploration Co.—menerima investasi $12 juta dari Andreessen Horowitz setelah dua bulan berdiri. Itu dengan cepat bernilai $ 100 juta — dan hanya memiliki 1.500 pengguna pada saat itu. (Nilai untuk Clubhouse pada April 2021: $4 miliar.)

Jadi tidak ada video atau setidaknya gambar? Tidak. Hanya foto profil untuk setiap pengguna.

Inilah Semua Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Apa Itu Clubhouse Apps

Di mana untuk bisa mendownload atau install aplikasi Clubhouse? Clubhouse saat ini tersedia di AppStore Iphone dan Google Play Store Android. Tahun lalu, ini hanya tersedia bagi pengguna IOS dan perusahaan memulai peluncuran Android khusus wilayah AS pada awal Mei. Namun, Sekarang juga ada di Android di seluruh dunia. Unduhan versi Android hingga saat ini telah melampaui 1 juta dalam waktu kurang dari dua minggu.

Bisakah menggunakan Clubhouse di iPad? Tentu, tetapi tidak dioptimalkan untuk iPadOS. Jadi, Kamu hanya akan menggunakan aplikasi ini dengan tampilan jendela kecil, atau melihatnya dalam ukuran 2x, bila dizoom tampilannya akan pecah dan buram. Namun, akan normal bila dipakai di tablet Android.

Lalu, apakah saya bisa mendaftar? Ya! Mulai 21 Juli 2021, Clubhouse tidak lagi hanya untuk undangan. Siapa saja dengan iPhone atau smartphone berbasis Android bisa mendapatkan akses.

Inilah Semua Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Apa Itu Clubhouse Apps
Clubhouse untuk Android sudah bisa diinstal

Kenapa butuh waktu lama untuk membuat aplikasi Android? Para pengembang ingin meningkatkan secara perlahan. Ada lebih banyak pengguna Android daripada pengguna iPhone di seluruh dunia. Memulai di Android mungkin telah mematikan server Clubhouse setelah aksi publisitas (seperti, katakanlah, memiliki Musk di sebuah ruangan). Mencapai 3 juta pengguna dalam waktu singkat yang dilakukan di iOS saja merupakan pertumbuhan yang besar. Pada tanggal 21 Juli, setelah hanya dua bulan di platform, menurut Clubhouse, di Android saja telah mencapai 10 juga kali unduhan.

Secara alami, ada sekelompok orang tak bertanggung jawa yang akan memanfaatkan pertumbuhan dan popularitas ini. Sebuah situs web palsu yaitu joinclubhouse[.]mobi mengedarkan program Trojan yang berpura-pura menjadi Clubhouse untuk Android. Itu mencoba mencuri kredensial login Kamu untuk hampir 500 layanan online. Kamu harus berhati-hatilah.

Inilah Semua Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Apa Itu Clubhouse Apps
The barebones Clubhouse.com

Jadi, layanannya hanya di aplikasi saja? Atau bisa juga melalui situs web? Ada clubhouse.com (situs resmi baru) dan juga joinclubhouse.com (penunjuk asli yang lebih berorientasi seluler). Tidak ada situs yang memberikan akses ke chat room. Mereka menunjuk ke aplikasi iOS atau Android dan memberikan beberapa info (Clubhouse memiliki blog.) Aplikasi ini adalah satu-satunya cara untuk mendengarkan atau berpartisipasi dalam percakapan audio.

Jangan bingung layanan ini dengan clubhouse.io juga. Itu adalah situs pengembangnya.

Inilah Semua Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Apa Itu Clubhouse Apps

Ada apa dengan ikon aplikasi? Meskipun Clubhouse memiliki logo resmi, ia tidak menggunakan logo (atau seni tangan yang melambai) pada ikon aplikasi. Itu telah memilih potret hitam-putih seseorang yang terus berputar untuk muncul di layar smartphone. Setiap orang adalah pengguna Clubhouse di kehidupan nyata. Biasanya, itu adalah seseorang yang memiliki dampak penting pada platform, atau setidaknya seseorang yang diyakini Clubhouse memiliki pemahaman mendalam tentang apa yang dilakukannya. Setiap ikon bertahan beberapa minggu dan akan diubah bila tersedia pembaruan aplikasi.

Beberapa orang memuji Clubhouse untuk pilihan desain ini sebagai sebagai sesuatu hal yang baru, tetapi yang lain berpikir itu cukup menyuitkan untuk menemukan aplikasi di ponsel Kamu ketika ikon berubah.

Hingga saat ini, Clubhouse berada pada ikon kedelapannya—aktivis sosial dan seniman visual Drue Kataoka. Ikon sebelumnya ditKamui oleh wajah musisi Axel Mansoor dan Bomani X (gambar di atas), promotor startup Erika Batista, dan podcaster teknologi Espree Devora.

Apa saja data yang dibutuhkan dan cara daftar Clubhouse? Untuk melakukan pendaftaran atau registrasi Clubhouse, kamu hanya perlu memberikan nomor telepon dan nama asli (teorinya sih begitu). Nantinya, Link akan dikirim lewat SMS, yang akan mengarahkan kamu ke situs joinclubhouse.com/app dan masuk dengan nomor yang digunakan untuk Sign Up tadi.

Tautkan akun Twitter Kamu ke Clubhouse bila Kamu tidak ingin membuat profil dari awal; secara otomatis, foto profil Twitter akan digunakan juga pada Clubhouse, selain itu daftar kontak juga bisa ditautkan untuk dengan mudah terhubung dari akun-akun yang telah kamu ikuti, juga follower yang kamu miliki. Setelah kamu masuk, jangan lupa lakukan verifikasi alamat email.

Inilah Semua Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Apa Itu Clubhouse Apps

Seperti apa tampilan awal dan apa yang bisa saya dengarkan di Clubhouse? Ketika Kamu akhirnya mendapatkan akses, aplikasi ini menawarkan halaman yang penuh dengan topik percakapan untuk diikuti, mulai dari olahraga, teknologi, urusan dunia, iman, hingga "keramaian", dan seterusnya. Mungkin kamu juga bakal menemukan orang yang memiliki ketertarikan pada hal yang sama, dan kamu bisa saling memfollow satu sama lain. semakin besar kemungkinan Kamu mendapatkan saran untuk ruangan yang sesuai dengan keinginan Kamu.

Roomnya tetap tidak? Ruang obrolan tidak tetap, akan muncul dan menghilang bila pengguna mengakhirinya. Perusahaan mengatakan rata-rata 500.000 kamar dibuat per hari. Clubhouse mengatakan itu merekam percakapan saat itu terjadi tetapi hanya menyimpannya jika seseorang mengajukan keluhan saat ruangan itu hidup. Jika tidak ada yang melaporkan insiden selama obrolan, Clubhouse mengatakan akan membuang rekaman segera setelah tuan rumah menutup diskusi. Pengguna, tentu saja, menemukan banyak cara untuk merekam obrolan untuk tujuan mereka sendiri. Internet menyediakan semuanya.

Berapa jumlah maksimal orang yang bisa bergabung dalam percakapan? Batas saat ini adalah 5.000 orang per ruang Clubhouse—yang tentu saja dilewati Musk. Pengguna di ruangan itu mulai melakukan streaming langsung percakapan di YouTube (yang merupakan solusi cerdas untuk merekam apa yang dikatakan). Batas 5K orang itu dapat dimatikan, bagaimanapun, atas kebijaksanaan Clubhouse.

Apa sebenarnya yang maksud dengan percakapan? Bukankah itu seperti podcast? Itu tergantung pada preferensi podcast Kamu. Ingat—semua orang yang terlibat berbicara melalui iPhone mereka, bukan pengaturan audio yang mewah. Mereka tidak melihat satu sama lain, jadi itu benar-benar seperti mendengarkan panggilan telepon. Tidak ada pengeditan profesional, tidak ada efek suara, tidak ada transisi, dan tidak ada iklan (setidaknya tidak secara resmi). Yang mengatakan, "gaya" percakapan itu fleksibel: satu ruangan mungkin santai satu lawan satu di antara teman-teman, sementara yang lain adalah wawancara gaya talk show yang lebih formal, diskusi kelompok besar, atau bahkan musik- sesi berbagi. Jika seseorang yang menarik masuk ke sebuah ruangan—seperti seorang influencer—pencipta/moderator ruangan dapat menempatkan mereka di "panggung" sebagai pembicara.

Inilah Semua Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Apa Itu Clubhouse Apps

Jadi hanya bisa mendengarkan? Belum tentu. Siapa pun yang mendengarkan dapat "mengangkat tangan". Terserah Host/moderator ruangan jika mereka ingin membiarkan Kamu berbicara.

Kedengarannya lebih seperti Zoom tanpa video. Dalam beberapa hal, tentu...atau Kamu selalu dapat melakukan Zoom atau Google Meet tanpa video aktif. Tetapi rapat Zoom tidak terbuka untuk masyarakat umum secara default. Klub terbuka untuk setiap anggota yang dapat menemukannya, tidak hanya beberapa orang terpilih. Panggung virtual terbatas, yang diharapkan memberi ruang kepada orang-orang dengan sesuatu yang penting atau menarik untuk dikatakan. Juga, tidak harus melihat layar saat Kamu berbicara adalah perubahan yang bagus dari panggilan video harian hari ini.

Inilah Semua Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Apa Itu Clubhouse Apps

Itu saja yang ada, berbicara dan berbicara dan berbicara. Sebenarnya, sekarang Kamu bisa mengobrol dengan cara baru yang jadul, yaitu dengan mengetik menggunakan ibu jari. Pada Juli 2021, Clubhouse memperkenalkan fitur chat yang disebut Backhannel sehingga pengguna dapat melakukan chat teks dengan orang lain melalui pesan langsung (DM), meskipun mereka semua berada di ruang Clubhouse yang aktif, atau setelah ruang berakhir. Pembicara dapat menggunakannya untuk mendapatkan umpan balik audiens. Tidak perlu lagi bolak-balik ke Signal, WhatsApp, atau Facebook Messenger untuk mengobrol, baik untuk mengeluh, bergosip, atau merencanakan suatu acara. Backchannel juga akan menampilkan kotak masuk untuk permintaan pesan. Kamu mengaksesnya melalui ikon pesawat di kanan bawah, atau geser ke kiri.

Ini, pada kenyataannya, menempatkan Clubhouse dalam persaingan yang lebih baik dengan Facebook dan Twitter, yang lebih banyak dapat Kamu baca di bawah. Tujuan utamanya, tentu saja, adalah agar orang tidak pernah meninggalkan aplikasi Clubhouse. Akhirnya, Backchannel akan mendukung pengiriman gambar dan video.

Bisakah saya menghasilkan uang? Ya. Clubhouse telah meluncurkan skema monetisasi untuk pembuat di iOS di AS untuk memulai, dalam kemitraan dengan perusahaan pemrosesan pembayaran Stripe. Ini tidak berbasis iklan. Pengguna dapat mengirim pembayaran dalam aplikasi ke pembuat, dan 100% uang masuk ke mereka, dengan biaya pemrosesan masuk ke Stripe; Clubhouse mengatakan bahwa semuanya dilakukan secara transparan.

Perusahaan juga telah meluncurkan program akselerator Creator.

Siapa yang saja yang menggunakan Clubhouse? Saat ini, Clubhouse bisa dibilang terbaik untuk orang-orang yang suka berbicara dan rindu memiliki audiens—seperti selebritas yang membutuhkan—atau fans yang ingin menjadi yang terdepan di dekat percakapan yang menarik. Ini mungkin media baru yang harus kita perhatikan (atau tidak).

Konon, itu juga dipuji sebagai tempat yang memungkinkan untuk menjalin silaturahmi, sebagaimana dibuktikan oleh ruangan bernama Temui Orang Palestina dan Israel, di mana orang-orang dari kedua sisi konflik itu, dari seluruh dunia, berkumpul untuk berbicara.

Saya merasa bisa melakukan ini di tempat lain...Klubhouse tiruan—maksud saya pesaing—pasti ada di sini. Karena, seperti yang lainnya di bidang teknologi, ketika ada darah di dalam air, hiu besar akan berenang. (Ingat ketika semua orang ingin menjadi TikTok?) Berikut daftar singkatnya.

Mark Cuban dari Shark Tank, pengguna Clubhouse awal, terlibat dalam satu yang disebut FiresideFireside, semacam campuran perangkat lunak podcast Clubhouse dan Spotify, Anchor.

Spaces Twitter sekarang terbuka untuk siapa saja yang memiliki 600 pengikut atau lebih; pengguna tertentu akan segera mendapatkan akses ke opsi Ticketed Spaces yang dimonetisasi.

Aplikasi perpesanan Telegram sekarang memiliki fitur Obrolan Suara, dengan perekaman terintegrasi. Pengguna dapat dengan mulus mentransfer rapat ke obrolan grup video hingga 30 orang.

Instagram telah meningkatkan fitur streaming langsung grupnya yang disebut Ruang Langsung untuk memungkinkan lebih dari dua pengguna melakukan streaming bersama (tetapi dengan video).

Reddit memiliki cuplikan Reddit Talk, untuk menyelenggarakan percakapan audio langsung di komunitas.

Spotify telah meluncurkan Greenroom, berdasarkan teknologi yang diperolehnya dengan Betty Labs. Ini berjalan di iOS dan Android dan menawarkan pengalaman audio langsung yang ditujukan untuk musik. Siapa pun dapat menjadi tuan rumah atau berpartisipasi. Yang ini mendukung perekaman.

Slack telah memperkenalkan Huddles sebagai "cara pertama audio ringan untuk memulai percakapan langsung." Artinya ini adalah cara cepat untuk memulai panggilan telepon online dengan rekan kerja Kamu, jadi ini bukan pesaing Clubhouse karena audionya tidak bersifat publik. Ini lebih dekat dengan Clubhouse.

Tentu saja, Facebook tidak mau ketinggalan. Ini meluncurkan banyak alat audio untuk pembuatan Soundbites untuk posting, podcast, dan tentu saja, Ruang Audio Langsung — jawabannya untuk Clubhouse. (Facebook juga memiliki fitur bernama Hotline untuk merekam percakapan publik dengan opsi video, seperti Ruang Langsung Instagram.)

Apa kelemahan Clubhouse? Layanan ini telah memiliki beberapa masalah dengan ujaran kebencian dan pelecehan, sehingga harus melembagakan pedoman moderasi komunitas pada bulan Oktober. Itu membuat kesalahan umum — percaya itu bisa mempercayai pengguna untuk tidak menjadi brengsek. Selalu ada yang brengsek.

Itu telah diblokir di China pada 8 Februari 2021, karena menawarkan terlalu banyak kebebasan berekspresi bagi pemerintah di sana. Itu hanya kerugian jika Kamu tinggal di Cina.

Juga buruk: layanan tersebut telah mengalami pelanggaran data setelah pengembang pihak ketiga di China mencoba membuat Clubhouse versi Android yang tidak memerlukan undangan.

Privasi juga bisa menjadi masalah. Seperti yang dilaporkan Inc.com, Clubhouse tidak menjelaskan berapa lama mereka menyimpan rekaman terkait keluhan tersebut ("ketika penyelidikan selesai," hanya itu yang dikatakan), atau siapa di perusahaan yang memiliki akses ke rekaman tersebut. Clubhouse juga mengumpulkan info lain tentang Kamu, tidak hanya dari apa yang Kamu bagikan (kontak dan media sosial Kamu) tetapi juga dari apa yang dibagikan orang lain (kontak dan media sosial mereka). Itu selalu melacak Kamu dengan semua trik biasa, seperti cookie.

Cara menutup akun? Sebelumnya, Kamu harus mengirim email ke "support[@]alphaexplorationco.com" untuk meninggalkan dan menghapus akun Clubhouse, setelah keluhan pengguna, Kamu sekarang dapat menonaktifkan akun Kamu dengan masuk ke Pengaturan > Akun > Nonaktifkan Akun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel