Cara Mengajukan Diri Untuk Menjadi Penerima Bantuan Sosial Dengan Aplikasi Cek Bansos Terbaru

Cara termudah untuk mengecek dan daftar usul / mengajukan diri dan orang lain agar terdaftar sebagai penerima bantuan menggunakan Aplikasi Cek Bansos Kemensos terbaru.

Melihat dari Google Play Store, Aplikasi Cek Bansos milik kemensos kemeterian sosial ini tidak hanya sekedar untuk mengecek ada atau tidaknya bantuan terbaru (BST, PKH, BPNT) di sekitar penggunanya saja, karena fitur telah memungkinkan orang untuk mengajukan usul diri ataupun orang lain yang sekiranya membutuhkan untuk dapat menjadi peserta penerima bantuan sosial /DTKS. Berikut cara dan langkah-langkahnya;

Cara Daftar Usulan Aplikasi Cek Bansos Kemensos Terbaru

Cara Mengajukan Diri Untuk Menjadi Penerima Bantuan Sosial Dengan Aplikasi Cek Bansos Terbaru


Langkah-langkah pendaftaran telah diunggah kementerian terkait pada akun medsos instagramnya, secara ringkas begini;

Instalasi Aplikasi Cek Bansos Kemensos

Unduh/ download atau Install Aplikasi Cek Bansos untuk Android di Google Play Store. Di toko Apk milik Google akan dijumpai banyak aplikasi yang mirip, nah, pastikan menginstal aplikasi yang dikembangkan “KEMENTERIAN SOSIAL REPUBLIK INDONESIA”.

Buat Akun Baru

Sebelumnya haruslah membuat akun, ini penting karena pengguna tidak akan mendapat akses ke fitur "Usul= mengajukan peserta penerima bansos" dan "Sanggah" apabila belum melakukan pendaftaran.

Apa saja yang perlu disiapkan untuk daftar? Persiapkan data identitas diri termasuk; (Nomor KK, KTP, Alamat Email, serta Swafoto bersama KTP).

Setelah proses registrasi dan telah diverifikasi oleh Administrator Kemeneterian Sosial, tandanya izin masuk ke fitur menu Aplikasi Cek Bansos telah disetujui.

Fitur Daftar Usulan

Ketuk menu yang bertuliskan "Daftar Usulan", dan tambahkan usulan. Fitur ini bakal memuat list ajuan yang mana sudah diimbuhkan pengguna akun Aplikasi Cek Bansos dari Kemensos.

Selain mengajukan diri sebagai penerima bansos, pemilik akun pun dimungkinkan tambah usulan untuk kerabat, saudara atau bahkan tetangganya yang memang layak menjadi penerima bantuan DTKS.

Mengusulkan anggota keluarga dapat dilakukan jika masih satu KK. Penting untuk mengisi data yang sebenar-benarnya secara konsisten seperti saat buat akun baru pada kolom, ini terhubung ke pusat data Dukcapil.

Fitur "pilih jenis bansos" dapat berfungsi ketika NIK telah berada di data DTKS
Jika berhasil melakukan pengusulan, nama, NIK, KK, dan kesesuaian Dukcapil bakal termuat.
Selain itu, terdapat tiga fitur / menu lain, yaitu ;

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel