Setelah Disuntik Vaksin Dosis Ketiga Moderna (Booster) Efek Samping yang timbul semakin dirasa setelah 3 jam, apa saja?

Yang akan tubuh rasakan setelah disuntik dosis ketiga booster vaksin Covid-19 dengan Moderna, efek samping tidak hanya bengkak, dan setelah 3 jam atau lebih bahkan makin berat, apa saja yang dirasa?

Per hari kamis (19/8/2021) vaksinasi booster untuk SDM kesehatan mulai disuntikkan di masing-masing faskes tempat bekerja.

Pemberian dosis tambahan atau yang ke-3/booster merupakan model yang ditemukan pemerintah untuk melindungi para nakes, yang mana vaksin moderna akhirnya dipilih sebagai perlindungan lebih.

Untuk sementara waktu pemberian dosis vaksin ketiga hanya untuk tenaga kesehatan dan pendukung. Namun, dikemudian hari tak menutup kemungkinan untuk masyarakat umum mendapatkan dosis ke-3 atau booster vaksin corona.

Seperti apa efek samping yang timbul pada tubuh setelah mendapat vaksinasi tambahan?

Efek Samping Vaksinasi Dosis Ketiga Moderna (Booster)


Setelah Disuntik Booster Vaksin Moderna Dosis Ketiga Efek Samping yang timbul semakin dirasa setelah 3 jam, apa saja?
seorang tenaga kesehatan sedang disuntik vaksin moderna dosis ketiga (booster) | gambar dari instagram.com/a.donny.t


Menurut laman fortune.com, belum ada banyak data tentang efek samping apa yang dapat dialami orang yang divaksinasi penuh dengan dosis ketiga. Indikator awal menunjukkan bahwa mereka sebagian besar sejalan dengan apa yang dialami banyak orang setelah putaran awal vaksinasi mereka, tetapi para ahli medis memiliki beberapa kekhawatiran tentang mereka yang paling berisiko untuk efek samping yang sangat jarang tetapi serius.

Orang yang berbeda mengalami efek samping vaksin COVID yang berbeda pula, dan secara keseluruhan mereka akan merasakan; kelelahan, nyeri lengan di tempat suntikan (efek ini timbul setelah 3 jam atau lebih dan akan semakin kuat di malam hari hingga keesokan harinya), sakit kepala, pusing, dan kemerahan dan bengkak di sekitar suntikan hingga efek tertunda yang muncul beberapa hari kemudian, seperti nyeri otot di berbagai bagian tubuh (terutama setelah dosis kedua vaksin mRNA), pusing, mual, kedinginan, dan demam.

Gejala-gejala itu cenderung hilang dalam satu atau dua hari tetapi sensasi yang ditimbulkan cukup mengganggu selama beberapa hari itu. Itu bisa menjadi kasus untuk dosis booster juga, dengan orang-orang yang mengalami beberapa efek samping yang lebih ringan yang menyerupai flu, menurut CDC.

Menurut seorang sumber tenaga medis yang bekerja di salah satu rumah sakit swasta daerah Bekasi yang telah divaksinasi penuh menyampaikan, bahwa “efek samping dari dosis tahap3 vaksin moderna akan menyebabkan rasa nyeri/ pegal yang cukup mengganggu di tangan atau area yang disuntik”.

Pegal tidak langsung seketika dirasakan bahkan dalam 15 menit awal, rasa linu/pegal mulai berasa tiga jam setelah dosis tahap ketiga disuntikkan.

Tidak hanya linu dan pegal, sedikit pusing, mual serta agak demam adalah beberapa efek samping yang ditimbulkan dari booster dosis ke-III vaksinasi Covid-19 moderna.

Setelah penyuntikkan, nakes biasanya akan diberikan bekal berupa obat pereda demam oleh dokter ataupun tim vaksinasi.

Sebagai tambahan, sangat disarankan bagi peserta vaksinasi moderna agar memastikan tubuh dalam keadaan vit saat akan disuntik, Serta beristirahat penuh keesokan harinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel