Daftar Negara di Dunia yang Menggunakan Jenis Vaksin Pfizer: di Mana Saja Vaksin Pfizer Digunakan?

Artikel ini diperbaharui secara berkala (setiap bulan) untuk memastikan bahwa kontennya up to date & akurat.

Vaksin COVID-19 Pfizer/BioNTech, yang sering dijual dengan merek dagang Comirnaty, adalah vaksin COVID-19 berbasis mRNA.

Pfizer/BioNTech telah dipuji di seluruh dunia karena memiliki salah satu tingkat efikasi tertinggi yang tersedia saat ini untuk melawan virus. Vaksin ini diakui oleh 97 negara di seluruh dunia dan didistribusikan secara luas di seluruh dunia.

Teruskan membaca untuk mengetahui negara mana yang menggunakan vaksin Pfizer/BioNTech.

Tentang Pfizer

Pfizer-BioNTech BNT162b2 adalah vaksin Messenger Ribonucleic Acid (mRNA). Vaksin membawa instruksi genetik yang membantu sel penerima menghasilkan potongan protein yang memicu respons sistem kekebalan. Responnya berupa reproduksi jutaan kopi protein spike yang merangsang pembuatan antibodi.

Vaksin Pfizer bekerja paling baik dengan dua dosis, di mana yang kedua didaftarkan 21 hari setelah yang pertama. Pada pemberian dosis pertama, sistem kekebalan disiagakan, dan setelah dosis kedua, ia mendapat dorongan, sehingga memberikan kekebalan untuk melawan virus.

Efikasi adalah 52% setelah dosis pertama dan meningkat hingga 95% setelah jab kedua. Jadi, dibutuhkan sekitar empat minggu untuk membangun kekebalan setelah dosis pertama (bisa terjadi lebih awal juga).

Status Pfizer WHO

Daftar Penggunaan Darurat WHO (EUL) dan Otorisasi Pemasaran Bersyarat EMA bertindak sebagai tolok ukur untuk negara lain.

Pada 31 Desember 2020, Pfizer menjadi vaksin pertama yang mendapatkan persetujuan dari WHO. The Global Advisory Committee on Vaccine Safety, sekelompok ahli yang memberikan panduan independen dan otoritatif kepada WHO tentang penggunaan vaksin yang aman, menerima dan menilai laporan tentang kejadian keamanan yang dicurigai dan mempelajari vaksin dengan cermat sebelum disetujui.

Untuk vaksin COVID-19, cabang kesehatan PBB telah menetapkan standar kemanjuran minimum sebesar 50 persen dalam pertimbangannya untuk evaluasi vaksin COVID-19. Sejauh ini, WHO juga telah menyetujui:
  • Johnson & Johnson: Ad26.COV2.S
  • Moderna: mRNA-1273
  • Oxford/AstraZeneca: Vaxzevria
  • Sinopharm: BBIBP-CorV
  • Sinovac: CoronaVac

Status EMA Pfizer

EMA memberi Pfizer izin pemasaran bersyarat pada 12 Desember 2020. Komite obat manusia (CHMP) EMA telah menyelesaikan evaluasi ketat terhadap Comirnaty, menilai data tentang kualitas, keamanan, dan kemanjuran vaksin sebelum disetujui. Negara-negara UE juga akan menerima paspor vaksin Pfizer.

Proses otorisasi EMA melibatkan pemantauan keamanan vaksin dan pertimbangan yang cermat dari aspek-aspek seperti risiko, efek samping, desain, laporan klinis, dll. Selain Pfizer, EMA telah menyetujui:
  • Moderna: mRNA-1273
  • Johnson & Johnson: Ad26.COV2.S
  • Oxford/AstraZeneca: Vaxzevria

Daftar Negara di Dunia yang Menggunakan Jenis Vaksin Pfizer: di Mana Saja Vaksin Pfizer Digunakan?
Daftar Negara di Dunia yang Menggunakan Jenis Vaksin Pfizer: di Mana Saja Vaksin Pfizer Digunakan?

Negara yang telah setuju menggunakan vaksin Pfizer

Negara-negara berikut telah memberikan vaksin Pfizer/BioNTech lampu hijau yang dikategorikan berdasarkan wilayah.

Eropa

Albania, Austria, Azerbaijan, Belgia, Bosnia dan Herzegovina, Bulgaria, Kroasia, Siprus, Ceko, Denmark, Estonia, Kepulauan Faroe, Finlandia, Prancis, Georgia, Jerman, Yunani, Greenland, Hongaria, Islandia, Irlandia, Italia, Latvia, Liechtenstein , Lituania, Luksemburg, Malta, Monako, Belanda, Makedonia Utara, Norwegia, Polandia, Portugal, Republik Moldova, Rumania, Serbia, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, Swiss, Turki, Ukraina, Kerajaan Inggris Raya, dan Irlandia Utara , dan Vatikan.

Afrika

Botswana, Cabo Verde, Libya, Nigeria, Rwanda, dan Tunisia.

Asia dan Oseania

Australia, Bahrain, Bangladesh, Brunei Darussalam, Indonesia, Irak, Israel, Jepang, Yordania, Kuwait, Lebanon, Malaysia, Maladewa, Mongolia, Selandia Baru, Oman, Pakistan, Filipina, Qatar, Republik Korea, Arab Saudi, Sri Lanka, Thailand, Uni Emirat Arab, Vietnam dan Tepi Barat.

Orang Amerika

Argentina, Bermuda, Brasil, Kanada, Chili, Kolombia, Kosta Rika, Republik Dominika, Ekuador, El Salvador, Meksiko, Panama, Paraguay, Peru, Saint Vincent dan Grenadines, Amerika Serikat dan Uruguay.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
mixy store