Ketahui Semua Tentang Hari Jantung Sedunia 2021

Hari Jantung Sedunia 2021: Inilah yang perlu Anda ketahui tentang tanggal, sejarah, makna, dan tema hari ini yang diperingati oleh Federasi Jantung Sedunia.

Menurut Federasi Jantung Dunia, Hari Jantung Sedunia penting karena penyakit kardiovaskular (CVD) tetap menjadi pembunuh nomor satu di dunia, yang mengakibatkan 18,6 juta kematian per tahun. Covid-19 hanya lebih memilukan untuk angka ini karena telah membuat 520 juta orang yang hidup dengan CVD, lebih rentan untuk mengembangkan bentuk virus corona yang parah.

Merokok, diabetes, tekanan darah tinggi, obesitas, polusi udara dan kondisi yang kurang umum seperti penyakit Chagas dan amiloidosis jantung adalah penyebab penyakit kardiovaskular. Oleh karena itu, penting untuk menjaga jantung kita dengan makan makanan yang sehat, mengatakan tidak pada tembakau dan banyak berolahraga.

Hari Jantung Sedunia 2021
Hari Jantung Sedunia 2021: Inilah yang perlu Anda ketahui tentang tanggal, sejarah, makna, dan tema

Tanggal:

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan penyakit kardiovaskular, pencegahannya, dan dampak globalnya, Hari Jantung Sedunia diperingati dan diperingati setiap tanggal 29 September.

Sejarah Hari Jantung Sedunia:

Hari Kesehatan Dunia pertama kali didirikan pada tahun 1999 dengan World Heart Federation (WHF) bekerjasama dengan World Health Organization (WHO). Ide acara tahunan ini dicetuskan oleh Antoni BayƩs de Luna, presiden WHF dari tahun 1997-2011. Dulunya, Hari Jantung Sedunia diperingati setiap hari Minggu terakhir pada bulan ke sembilan atau September, dengan perayaan pertama kali digelar pada tanggal 24 September 2000.

Makna:

Menurut Federasi Jantung Dunia, “Hari Jantung Sedunia memberi tahu orang-orang di seluruh dunia bahwa CVD, termasuk penyakit jantung dan stroke, adalah penyebab utama kematian di dunia yang merenggut 18,6 juta jiwa setiap tahun, dan menyoroti tindakan yang dapat dilakukan individu untuk mencegah dan mengontrol CVD.

Ini bertujuan untuk mendorong tindakan untuk mendidik orang bahwa dengan mengendalikan faktor risiko seperti penggunaan tembakau, pola makan yang tidak sehat dan aktivitas fisik, setidaknya 80% kematian dini akibat penyakit jantung dan stroke dapat dihindari.”

Tema World Heart Day 2021:

Tahun ini, tema Hari Jantung Sedunia adalah “Gunakan Hati untuk Terhubung”. Idenya adalah untuk menemukan cara yang berbeda dan inovatif untuk menghubungkan orang dengan kesehatan jantung, terutama di area sumber daya dan komunitas yang lebih rendah dengan “menggunakan pengetahuan, kasih sayang, dan pengaruh Anda untuk memastikan diri dan juga orang yang dicintai, serta komunitas tempat Anda tinggal mempunyai kesempatan terbaik untuk menjalani kehidupan yang lebih sehat untuk jantung. Ini tentang terhubung dengan hati kita sendiri, memastikan bahwa kita mendorong dan memelihara mereka sebaik mungkin, dan menggunakan kekuatan digital untuk menghubungkan setiap hati, di mana saja.”

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel