Hari PMI 17 September dan 5 Fakta Menarik di Belakangnya

Tepat di hari Jumat, 17 September diperingati sebagai Hari PMI singkatan dari Palang Merah Indonesia, berikut fakta-fakta yang perlu Anda tahu.

Hari PMI 17 September dan 5 Fakta Menarik di Belakangnya
Hari PMI 17 September dan 5 Fakta Menarik di Belakangnya


Hari PMI atau Peringatan Hari Palang Merah Indonesia ini dilakukan tepat di hari meninggalnya salah satu pahlawan perempuan RA Kartini di Rembang pada tahun 1904 di usianya yang ke 25. https://direktoratk2krs.kemsos.go.id/datapahlawan.

Sejarah mencatat hari PMI resmi ditetapkan pada tanggal 17 September 1945 silam, meskipun perencanaan dan ide-idenya mulai dipikirkan sedari 3 September di tahun yang sama. Dan hingga saat ini hari Palang Merah Indonesia diperingati untuk yang ke 76 kalinya.

Disadur dari laman Tirto.id, hari PMI mulanya bernama NIRK singkatan dari Het Nederland  Indiche Rode Kruis. Laku kembali diganti menjadi Nederlands Rode Kruis Afdelinbg Indie, bila disingkat menjadi NERKAI.

Di kancah internasional, Palang Merah Indonesia resmi dan diakui keberadaannya pada ICRC yang merupakan singkatan dari The International Committee of the Red Cross di tahun 1950 tepatnya pada 15 Juli. Masih di tahun yang sama, PMI juga bergabung dan menjadi anggota ke 68 FIFRC (Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah).

Menurut data info grafis pmi.or.id, PMI telah turut menanggulangi oandemi Covid-19, diantaranya:
  • Melakukan penyemprotan disinfektar di lebih dari 116.390 titik lokasi, dengan penerima manfaat 37+ juta non gunner serta 20+ juta disinfektan gunner,
  • Mempromosikan kesehatan (promkes) ke 7,5 juta jiwa lebih,
  • Memberi dukungan Psikososial dan perawatan keluarga kepada hampir 38 ribu jiwa,
  • Membantu pelayanan kesehatan pada 1,8 juta jiwa,
  • Menyediakan layanan ambulans kepada  1.454 pasien dan 1.350 pelayanan jenazah,
  • Sebagai penyedia donor Plasma Konvalesen sebanyak 91.334,
  • Serta mendistribusikan berbagai APD dan logistik lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel