Manfaat Susu Kedelai, fakta - nilai gizi

Banyak manfaat yang didapatkan tubuh setelah meminum sari Susu kedelai, selain rasanya yang enak, susu kedelai juga berkhasiat baik bagi tubuh. Cek fakta-faktanya.

Keuntungan: minuman kedelai adalah vegan, bebas laktosa, bebas protein susu , dan bebas gluten - jadi minuman ini juga cocok untuk penderita alergi susu sapi. Namun minuman kedelai bukannya tanpa kontroversi: ada juga alergi terhadap kedelai. Selain itu, berulang kali diklaim bahwa pengganti susu nabati mengandung kedelai yang dimodifikasi secara genetik, bahwa kedelai diimpor dari Amerika Selatan dan minuman kedelai umumnya tidak cocok untuk anak-anak. Tidak semua itu benar. Di sini kita sekarang telah mengumpulkan fakta-fakta paling penting tentang minuman kedelai.

Manfaat Susu Kedelai, fakta - nilai gizi
Manfaat Susu Kedelai, fakta - nilai gizi | unsplash

Apa itu susu kedelai?

Yang disebut susu kedelai mungkin tidak secara resmi disebut susu di UE karena tidak diperah, tetapi terbuat dari  kedelai . Oleh karena itu minuman tersebut dapat ditemukan di rak dengan nama “Minuman Kedelai”. Omong -omong , ini juga berlaku untuk alternatif susu lainnya .

Minuman kedelai didasarkan pada kedelai dan air. Biasanya minuman ini dibuat dari kue pres yang tersisa saat diperas minyak kedelai dari kedelai. Kue pres ini direndam dalam air, dihaluskan hingga halus dan terakhir disaring sehingga terpisah komponen padat dan cairnya.

“Susu kedelai” murni kemudian diproses lebih lanjut - menjadi tahu, alternatif daging lainnya atau menjadi minuman. Untuk membuatnya tahan lama, susu alternatif dipanaskan hingga suhu yang sangat tinggi.

Minuman kedelai yang sudah jadi biasanya mengandung antara 8 dan 10 persen kedelai. Konsistensi cairan agak kekuningan mengingatkan pada susu sapi, tetapi rasanya lebih seperti kacang atau sedikit pedas.

Banyak minuman kedelai juga mengandung mineral, terutama kalsium , vitamin seperti vitamin B12 , dan seringkali gula atau perasa ditambahkan ke dalamnya.

Apa yang ada di minuman kedelai? Nilai gizinya

Minuman kedelai mengandung sekitar dua persen lebih sedikit lemak daripada susu murni (3,5 persen) dan sedikit lebih banyak dari susu rendah lemak (1,5 persen).

Kandungan protein tiga sampai empat persen kira-kira setinggi susu sapi, tetapi protein dari pengganti susu dianggap lebih mudah digunakan oleh tubuh manusia.

Selain itu, minuman kedelai juga mengandung saponin dan flavonoid , zat sekunder tanaman yang dikatakan memiliki efek positif. Kandungan kalsium dan vitamin B2 , yang karenanya sering ditambahkan secara artifisial, agak rendah .

Dibandingkan dengan pengganti susu sapi yang terbuat dari kedelai kurang kolesterol , vitamin B12 dan vitamin C .

Apakah minuman kedelai sehat sebagai pengganti susu?

Apakah Minuman Kedelai Sehat? Iya dan tidak.

Pengganti susu memiliki aspek kesehatan yang positif: Sangat cocok untuk orang dengan intoleransi laktosa atau protein susu. Bahkan penderita alergi gluten tidak memiliki masalah dengan minuman tersebut.

Sebagai pemasok asam lemak tak jenuh berkualitas tinggi dan sumber protein, minuman kedelai membantu memastikan pasokan nutrisi ini dalam gaya hidup vegan.

Kurangnya kolesterol juga memiliki efek positif pada orang-orang dengan masalah di daerah ini. Semua poin yang mendukung penggunaan alternatif susu dalam kopi atau muesli .

Minuman kedelai: kontra

Di mana ada cahaya, ada juga bayangan: untuk semua manfaat kesehatannya, minuman kedelai juga memiliki kekurangan.

Telah terbukti bahwa kedelai dapat memicu alergi. Sama seperti susu, kedelai adalah salah satu  pemicu  alergi makanan yang paling umum . Terutama orang yang menderita alergi (makanan) lain sering mengalami reaksi silang dengan protein dalam kedelai. Tidak jarang orang yang alergi terhadap protein susu bereaksi terhadap protein kedelai.

Kedelai masih kacang - karenanya, minuman kedelai dengan individu yang sangat sensitif atau bayi dan anak kecil dapat memicu kembung .

Ini bukan satu-satunya alasan mengapa susu kedelai tidak ideal sebagai pengganti susu untuk bayi: kekurangan kalsium, vitamin B dan vitamin C dapat menyebabkan gejala defisiensi pada anak kecil yang hanya diberikan alternatif susu nabati. Pakar * tingkat internal susu formula bayi berbasis kedelai dari - juga karena efek isoflavon yang tidak dapat dijelaskan dan karena fitat dapat dimasukkan, yang mengurangi penyerapan mineral dan elemen dalam tubuh (lihat di bawah.).

Namun bukan berarti anak-anak pada umumnya tidak boleh mengonsumsi kedelai: minuman kedelai, tahu atau produk kedelai lainnya dapat menjadi alternatif yang baik untuk daging dan produk susu sebagai bagian dari diet seimbang.

Dan kemudian ada isoflavon : Ini adalah fitoestrogen yang terkandung dalam kedelai, zat tanaman sekunder, yang komposisinya mirip dengan hormon seks wanita estrogen. Seberapa besar pengaruhnya terhadap organisme sangat kontroversial. Sejauh ini, tidak ada bukti yang benar-benar dapat diandalkan tentang efek positif atau negatif dari isoflavon pada kesehatan kita. 

Di sini, seperti yang sering terjadi, dosis membuat racun. Mengkonsumsi minuman kedelai dan produk kedelai lainnya dalam jumlah sedang sangat tidak mungkin memiliki efek kesehatan pada orang dewasa.

Resep: buat minuman susu kedelai sendiri

Agar Anda bisa yakin dengan apa yang ada di dalam minuman kedelai Anda, buat saja sendiri. Berikut resepnya:

  • Rendam 100 gram kedelai dalam air semalaman.
  • Kemudian tuangkan air dan tambahkan 1/3 liter air segar ke dalam kacang. Gunakan blender untuk membuat bubur halus.
  • Sementara itu, panaskan 2/3 liter air dalam panci dan masukkan bubur yang sudah jadi.
  • Biarkan mendidih dengan api kecil selama sekitar sepuluh menit dan kemudian biarkan dingin. Sekarang Anda bisa menyaringnya melalui kain.
  • Tuang 250 ml air dingin ke atas massa di kain lagi dan tekan dengan kuat melalui kain.
  • Minuman kedelai yang sudah jadi sekarang dapat disempurnakan dengan rempah-rempah atau dipermanis sesuai keinginan.
Minuman kedelai buatan sendiri yang telah Anda siapkan menurut resep ini harus selalu disimpan di lemari es dan dikonsumsi dalam waktu empat hari.

Beli susu kedelai

Meskipun susu oat, susu almond, dan susu beras hampir sama sekarang: susu kedelai masih menjadi salah satu alternatif susu sapi yang paling populer. Oleh karena itu, susu pengganti dapat ditemukan dalam berbagai varian di hampir semua supermarket, toko makanan kesehatan, toko online dan instagram dalam berbagai merk susu.

Sumber: berbagai sumber.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
mixy store