Segera Cek Subsidi KPR BTN Program PEN 2022, ini caranya

Begini cara mengecek Subsidi bagi siapa saja yang memenuhi kriteria dan syarat-syarat penerima potongan cicilan program PEN KPR yang disalurkan bank BTN.

Tulisan ini merupakan update dari artikel sebelumnya yang berjudul "segera cek subsidi kpr btn yang cair bulan oktober 2021". Mengikuti pengkinian informasi, maka berganti judul menjadi "Segera Cek Subsidi KPR BTN PEN 2022, ini caranya". Ketahui selengkapnya.

Segera Cek Subsidi KPR BTN Program PEN 2022, ini caranya
Gambar rumah KPR dokumen pupr

Apa Itu Program Subsidi KPR BTN

Subsidi KPR BTN adalah program bantuan dari pemerintah melalui bank BTN yang cair atau disalurkan kepada para peserta kredit pemilikan rumah.

KPR subsidi BTN sendiri ialah suatu program bagi masyarakat Indonesia yang gajinya kecil (MBR: masyarakat berpenghasilan rendah) agar mampu mempunyai rumah dengan angsuran minim (cicilan lebih rendah). program yang dihadirkan oleh Kementerian PUPR RI ini tersedia untuk jenis RST/RSS (rumah sejahtera tapak/susun).


Syarat kpr rumah subsidi btn

Syarat-syarat yang diperlukan untuk peroleh KPR BTN bersubsidi ini disadur dari situs resmi BTN.co.id, di antaranya:
  • Warga Indonesia minimal 21 tahun atau telah menikah/berkeluarga
  • Ketika memasuki kredit jatuh tempo umur pemohon tak lebih atau sama dengan 65 tahun. Khusus peserta ASABRI 80 tahun saat jatuh tempo dan direkomendasikan YKPP
  • Pemohon bisa suami dan atau isteri yang sebelumnya tidak pernah sebagai penerima subsidi kepemilikan rumah. Terkecuali Abdi negara seperti POLRI/TNI/PNS yang dipindah tugaskan bisa 2 kali
  • Upah setiap bulan (gapok) setara 4 juta untuk jenis rumah sejahtera tapak. Sedangkan rumah sejahtera susun penghasilan atau gaji pokok tidak lebih dari 7 juta
  • Punya e-KTP dan NPWP
  • Pengembang adalah yang sudah terdaftar di kementerian PUPR
  • Dengan detail rumah sesuai peraturan perundangan

Sedangkan pada tahun sekarang, banyak kabar terkini mengenai Subsidi KPR PEN, apa itu?

Program subsidi pen kpr 2022 dan apa saja kriteria penerima bantuan?

Diskon angsuran berupa Subsidi KPR program PEN diberikan ke para debitur (nasabah) untuk kepemikikan tipe-tipe rumah 70 atau di bawahnya.

Dikutip dari katadata.co.id "Subsidi bunga KPR program PEN tertuang dalam PMK Nomor 138/PMK.05/2020 tentang Tata Cara Pemberian Subsidi Bunga/Subsidi Margin Dalam Rangka Mendukung Pelaksanaan Program Pemulihan Ekonomi Nasional. Beleid ini diteken Sri Mulyani pada 25 September 2020."

Syarat tambahan seperti memiliki nomor pajak yang kita kenal dengan NPWP, punya plafon kredit paling banyak sepuluh miliar, baki debet kredit tertanggal hingga 29 Februari tahun 2020, serta status kredit lancar per tanggal baki kredit.

Cara cek subsidi kpr btn 2022 di jendela umkm

Langkah-langkap cara menegecek subsidi pen kpr terbaru 2022 secara online:

  1. Pertama masuk ke link cek subsidi kpr pen https://jendelaumkm.id/
  2. Usai berhasil melakukan login, agar membaca setiap panduan secara seksama, bagaimana kentuannya, rincian kriteria hingga alur informasi yang disediakan bagi debitur
  3. Jika telah memahami itu semua, silakan ketuk tombol berwarna biru yang bertuliskan “cek subsidi”
  4. Maka, Anda akan dialihkan ke halaman pengecekan tertera logo Kementerian Keuangan Republik Indonesia pada sudut atas bagian kiri
  5. Pada langkah ini, yang harus dilakukan ialah memasukkan nomor induk NPWP atau NIK
  6. Pastikan nomor diinput benar dengan jumlah digit sesuai tertera di nomor wajib pajak Anda
  7. Lalu klik kotak putih untuk verifikasi kode captcha
  8. Terakhir ketuk lanjutkan.

Pemberitahuan biasanya menampilkan informasi subsidi cicilan kredit apabila Anda memang layak menjadi penerima.

Dan jika Anda tak mendapatkan notifikasi akan tetapi merasa layak menerima bantuan sesuai ketentuan kriteria pada laman jendelaumkm id, usah ragu melakukan pengecekan cara mandiri, yakni dengan menanyakannya ke pihak Bank penyalur.

Cara cek non-online atau secara mandiri bisa dengan menghubungi KCP alias kantor cabang BTN area terdekat hunian Anda, atau bahkan menelepon di nomor sambungan telepon resmi Bank BTN yang tercantum di website resmi btn.co.id.

Mungkin kueri ini juga membawa Anda masuk ke artikel bnatimes.com; Subsidi KPR BTN 2022 sampai kapan cair lagi tahap 3 bulan Februari, Marat 2022.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel