Google Lens: kamera foto serba bisa

Mencari tahu informasi dengan foto, scan dokumen, dan terjemahkan tulisan bahasa asing: dengan aplikasi kamera Google Lens, lensa handphone diubah menjadi alat serba guna, praktis untuk penggunaan sehari-hari. Begini cara menggunakannya.

Aplikasi kamera  Google  Lens diperkenalkan pada tahun 2017 dan sejak itu menemukan jalannya ke lebih banyak perangkat. Pada sebagian besar smartphone Android yang terbaru, fitue terpenting sudah terintegrasi dalam aplikasi kamera. Aplikasi ini juga dapat digunakan di iPhone dan bisa didownload dari App Store. Apa saja fitur Google Lens?

Aplikasi Google Lens: kamera foto serba bisa
Pixabay

Mencari informasi dengan gambar

Apakah Anda melihat tanaman untuk pertama kalinya dan ingin tahu apa itu? Apakah Anda sedang berlibur dan bertanya-tanya bangunan mengesankan apa yang tampak di depan Anda? Ponsel cerdas Anda tahu!

Tahan jendela bidik di atas objek dan aktifkan Google Lens di aplikasi kamera. Kami menjelaskan cara melakukannya di bawah ini. Sistem membandingkan motif dengan gambar dari Internet - dan biasanya menemukan apa yang dicari. Jawaban atas pertanyaan Anda akan ditampilkan di bawah hasil pencarian.

Terjemahkan bahasa asing

Aplikasi ini juga mengenali teks dalam bahasa apa pun dan dapat menerjemahkannya buat Anda. Untuk melakukannya, ketuk simbol penerjemah di sudut kiri bawah Google Lens dan arahkan kamera ke tanda atau teks yang ingin Anda terjemahkan. Google Lens menampilkan terjemahan di atas teks aslinya.

Salin teks yang dicetak ke ponsel cerdas Anda

Kutipan teks atau bahkan halaman buku dapat disalin ke smartphone atau komputer menggunakan Google Lens. Baru-baru ini, aplikasi bahkan dapat mengenali catatan tulisan tangan dan mengirimkannya langsung ke komputer. Untuk melakukannya, pengguna harus masuk ke akun Google mereka dan menggunakan browser Chrome versi terbaru. Selain itu, sekarang ada fungsi "Dengarkan". Ini sangat berguna ketika Anda ingin mendengar pengucapan yang benar dalam bahasa asing.

Belanja lebih cepat atau temukan ulasan restoran

Google Lens ditautkan ke produk Google lainnya seperti Penelusuran Belanja atau Google Maps. Misalnya, jika Anda sangat menyukai laptop baru, yang harus Anda lakukan adalah mengarahkan kamera ponsel cerdas ke sana dan Google Lens akan membawa Anda langsung ke pengecer online yang menjualnya. Jika Anda ingin mengetahui seberapa baik sebuah restoran diterima oleh tamu, cukup dengan memindai hurufnya saja.

Cara mengaktifkan Google Lens

Anda dapat menemukan Google Lens di aplikasi kamera ponsel pintar Android Anda. Buka aplikasi dan ketuk "Lainnya" di sudut kanan bawah untuk menemukan fungsinya. Pemilik iPhone harus mendownload aplikasi iOS terlebih dahulu. Untuk pengguna perangkat Android yang lebih lama, ada versi aplikasi "Google Go" yang lebih ringan di Play Store.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel