Hari Hak Asasi Manusia (HAM) 2021: Ketahui Sejarah, Tema dan Twibbon

Hari Hak Asasi Manusia dirayakan untuk meningkatkan kesadaran tentang hak-hak sosial, budaya, dan fisik masyarakat dan untuk memastikan kesejahteraan semua orang.

Setiap tahun pada tanggal 10 Desember, Hari HAM sedunia diperingati secara global. Pada tahun 1948, ketika Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa mengadopsi Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia (DUHAM) - sebuah dokumen yang menguraikan hak-hak dasar semua manusia yang harus dilindungi secara universal.

Hari ini diperingati untuk meningkatkan kesadaran tentang hak-hak sosial, budaya, dan fisik masyarakat dan untuk memastikan kesejahteraan semua orang. PBB pada hari ini mendorong negara-negara untuk menciptakan kesempatan yang sama bagi semua orang dan mengatasi masalah ketidaksetaraan, pengucilan, dan diskriminasi.

Hari Hak Asasi Manusia (HAM) 2021: Ketahui Sejarah dan Tema

Apa itu Hari HAM?

Hari Hak Asasi Manusia menginspirasi semua orang untuk angkat bicara dan mengambil tindakan untuk mengakhiri diskriminasi dalam segala bentuknya kapanpun dan dimanapun itu terjadi.

Hak asasi manusia, HAM adalah hak universal yang berarti bahwa setiap orang harus diperlakukan sama dan dengan hormat. Orang tidak boleh didiskriminasi karena:
  • Jenis kelamin
  • Warna kulit mereka
  • Ras
  • Agama
  • Suku
  • Budaya
  • Negara tempat mereka dilahirkan
Hari Hak Asasi Manusia adalah hari untuk merayakan pencapaian mereka yang telah memperjuangkan dan melindungi hak asasi manusia, serta hari untuk merenungkan apa yang masih perlu dilakukan untuk membuat masyarakat lebih adil bagi semua orang.

Tema Hari HAM Sedunia 2021: Kesetaraan - Mengurangi ketidaksetaraan, memajukan hak asasi manusia

Setiap tahun, Hari Hak Asasi Manusia memiliki tema yang berbeda.

Tahun lalu, fokusnya adalah pada kaum muda dan bagaimana Anda tidak merasa terlalu muda untuk membuat perbedaan bagi dunia.

Pada tahun 2021, Hari Hak Asasi Manusia berfokus pada bagaimana hak adalah awal dari perdamaian dalam masyarakat, dan cara untuk menciptakan masyarakat yang lebih adil untuk generasi mendatang.

Mengapa kita memperingati Hari Hak Asasi Manusia?

Hari Hak Asasi Manusia diperingati pada tahun 1948 ketika Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menganut Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia. PBB dibentuk tak lama setelah Perang Dunia Kedua untuk melindungi hak dan kebebasan orang di seluruh dunia.

Deklarasi Hak Asasi Manusia diciptakan untuk menjadi 'standar pencapaian bersama untuk semua orang dan semua bangsa'. Dokumen ini sudah disesuaikan ke lebih dari 500 bahasa, dan merupakan dokumen yang paling banyak diunduh dari internet di seluruh dunia.

Anda dapat berperan serta mengampanyekan melalui media sosial, dengan cara klik Link Twibbon Hari HAM Sedunia 2021 ini: https://twb.nz/ham-internasional-2021

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
mixy store