Isi Pesan WhatsApp Bisa Dilihat Orang Lain dengan Aplikasi Sadap WA Jarak Jauh, Anda Harus Tahu Ini

Messenger WhatsApp adalah salah satu aplikasi paling populer di ponsel Android dan iPhone (iOS). Pesan dikirim melalui WA untuk berbagai keperluan bisnis, hiburan, hingga kebutuhan chat dengan pasangan. Tetapi Anda harus berhati-hati saat menggunakannya. Ada beberapa cara agar pengguna lain dapat membaca isi chat WhatsApp.

Untuk mengintip pesan dari messenger, Anda bahkan tidak memerlukan pengetahuan peretasan atau pemrograman khusus.

Jika tidak hati-hati, pesan WhatsApp Anda mungkin berakhir di tangan yang salah. Kami akan menunjukkan cara kerjanya dan bagaimana Anda dapat melindungi diri sendiri dengan tindakan pencegahan.

Isi Pesan WhatsApp Bisa Dilihat Orang Lain dengan Aplikasi Sadap WA Jarak Jauh, Anda Harus Tahu Ini

Baca WhatsApp tanpa persetujuan: apakah diizinkan?

Bahkan jika secara teoritis ada cara untuk memantau akun WhatsApp pihak ketiga, Anda harus menjauh dari mereka. Tanpa persetujuan pemilik akun, ini merupakan pelanggaran pidana menurut UU ITE Indonesia, yang dapat mengakibatkan hukuman penjara dan atau denda yang tidak sedikit.

Namun untuk para orang tua yang ingin memantau kegiatan sosial media anak-anak mereka menggunakan software spionase masih belum dijabarkan, dan masih abu-abu hukum.

Melihat isi pesan dengan aplikasi sadap whatsapp?

WhatsApp menggunakan enkripsi end to end. Ini berarti bahwa pesan Anda dikodekan saat dikirim dan hanya didekripsi di perangkat penerima.

Oleh karena itu, pesan tidak dapat "dicegat" dan dibaca saat bepergian. Agar dapat membaca WhatsApp, penyadap harus mendapatkan akses ke ponsel Anda atau ke cadangan yang disimpan di cloud. Tapi bagaimana cara kerjanya?

Ada banyak aplikasi untuk melihat isi chat WA di Internet yang menjanjikan akses ke pesan WhatsApp pihak ketiga. Aplikasi yang paling terkenal adalah mSpy.

Agar dapat menggunakan fitur aplikasi, diperlukan langganan berbayar. Dengan iPhone, layanan mengakses data dari cadangan iCloud. Data akses dari akun iCloud yang sesuai diperlukan untuk ini.

Dengan ponsel Android, bagaimanapun, aplikasi harus diinstal langsung pada perangkat. HP (Smartphone) juga harus di root .

Jadi Anda tidak dapat membaca pesan WhatsApp tanpa banyak usaha. Anda melindungi diri sendiri dengan tidak meninggalkan ponsel Anda di tangan orang yang tidak dapat dipercaya.

Selain itu, Anda hanya boleh menginstal aplikasi dari sumber yang aman (contoh: Google Play, Appstore, Huawei AppGallery). Aplikasi yang tidak dikenal sering kali menyembunyikan Trojan horse yang dapat memberikan akses ke aktivitas Anda.

Anda tidak boleh memberikan data dan informasi pribadi seperti kode WhatsApp ke layanan atau kontak yang tidak dikenal.

Seringkali, aplikasi itu sendiri disamarkan sebagai aplikasi "Sadap WhatsApp" untuk tujuan penipuan. Misalnya, seseorang tergoda untuk terlebih dahulu mengikuti survei atau mengunduh aplikasi game yang tampaknya tidak berbahaya.

Dengan cara ini, Anda secara tidak sengaja memberi masuk kepada software berbahaya ke ponsel Anda. Namun, Anda tidak mendapatkan aplikasi mata-mata seperti yang riharapkan.

Pemantauan oleh aplikasi Trojan horse

Sesekali, bug dan celah keamanan muncul di WhatsApp yang memungkinkan akses tidak sah ke pesan, misalnya melalui animasi GIF yang kelihatannya aman-aman saja.

Dengan kerentanan “Double Free” , peretas dapat memperoleh akses ke handphonr dan membacakan data saat mengeksekusi file GIF yang dimanipulasi baru-baru ini. Namun, hanya perangkat dengan versi Android lama yang terpengaruh.

Jadi untuk mencegah pesan WhatsApp Anda dibaca oleh orang lain, Anda harus selalu memperbarui versi Android dan WhatsApp dengan melakukan update perangkat lunak, yang dapat Anda temui melalui menu pengaturan.

Semua orang membaca WhatsApp Web di PC/Komputer

Fungsi lain yang berguna adalah kemampuan untuk membaca chat WhatsApp Anda. Dengan WhatsApp Web, messenger juga dapat digunakan dengan mudah di browser PC atau Komputer. Jika Anda tidak keluar, pengguna lain di komputer ini juga memiliki akses ke riwayat obrolan Anda.

Koneksi antara PC dan akun WhatsApp dibuat melalui kode QR. Sekali lagi, Anda mesti lebih waspada untuk menghindari orang lain memindai kode QR WhatsApp. Anda dapat memastikan langsung di WhatsApp apakah akun Anda sedang login masuk ke browser:
  • Untuk melakukan ini, ketuk tanda titik 3 di pojok kanan bagian atas.
  • Di sini Anda dapat melihat ikhtisar perangkat tertaut, yang terdaftar serta waktu aktivitas terakhir.
  • Jika Anda mengetuk entri, Anda keluar/logout dari platform lain.
  • Atau, Anda dapat keluar dari semua instans web WhatsApp melalui “Keluar dari semua perangkat”.


Kesimpulan: Tidak ada metode untuk membaca pesan WhatsApp tanpa diketahui. Menyadap WA adalah tindak pidana, jika tanpa persetujuan dari sang pemilik akun. Dengan persetujuan, tidak perlu aplikasi penyadap WhatsApp. Sebaiknya Anda menahan diri dari berbagai iming-iming yang diduga ingin menawarkan akses ke akun WhatsApp pihak ketiga. Selain hukuman, ada risiko jebakan yang akan sangat merugikan, biaya tersembunyi, atau virus dengan berbagai layanan mata-mata WhatsApp.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
mixy store