CHAЯLY (1968) Film yang diangkat dari Novel karya Daniel Keyes (Flowers for Algernon)

CHAЯLY (1968) Film yang diangkat dari Novel karya Daniel Keyes (Flowers for Algernon)
Charly (1968) Poster


Charly (dipasarkan dan dituliskan dengan judul CHAЯLY) adalah sebuah film drama fiksi ilmiah Amerika tahun 1968, yang disutradarai dan diproduksi oleh Ralph Nelson, dan ditulis oleh Stirling Silliphant.


Film tersebut dibintangi oleh Cliff Robertson sebagai Charly Gordon, bersama dengan Claire Bloom, Lilia Skala, Leon Janney dan Dick Van Patten.


Pada saat produksi, Silliphant mengadaptasi film tersebut dari cerita Flowers for Algernon karya Daniel Keyes. Film tersebut meraih ulasan positif pada masa itu, dan meraih kesuksesan masif di box office dan penjualan media rumahan.


Anehnya, "Charly" Ralph Nelson berhasil sebagai film karena alasan yang tidak ada hubungannya dengan plot. Sebagai kisah kepribadian dalam krisis, itu berhasil. Kami peduli dengan Charly. Tetapi seluruh fokus ilmiah, yang menyebabkan krisisnya, tidak relevan dan melemahkan film dengan mengalihkan perhatian kita.


Ide ceritanya sederhana, yang Daniel Keyes dapat putar menjadi novel yang sukses (Flowers for Algernon) dengan tetap fokus pada karakter Charly yang sedang berkembang. Kita mulai dengan seorang pria keterbelakangan mental yang baik hati, mungkin berusia 30 tahun. Dia dapat melakukan tugas-tugas sederhana dan menulis beberapa kata.

CHAЯLY (1968) Film yang diangkat dari Novel karya Daniel Keyes (Flowers for Algernon)
Potret Charly dan teman-temannya


Dia dengan riang menghuni dunia yang tampaknya menakutkan bagi kita. Kamarnya yang tandus berisi papan tulis dengan tugas hari berikutnya di atasnya; dia bekerja sebagai petugas kebersihan di sebuah toko roti di mana "teman-temannya" menyiksanya. Dengan kegigihan yang memilukan, dia menghadiri kelas malam dan mengikuti tur keliling kota, tetapi hal-hal yang dia pelajari semuanya hilang dan dia harus terus memulai lagi.

CHAЯLY (1968) Film yang diangkat dari Novel karya Daniel Keyes (Flowers for Algernon)
Charly dan Algernon


Kemudian Charly menjalani operasi otak (yang tetap tidak meyakinkan meskipun ada banyak penjelasan yang mencurigakan). IQ-nya mulai meningkat pesat, dan dia harus melakukan 20 tahun pematangan dalam beberapa bulan. Tutornya sepanjang jalan adalah seorang guru muda, dan tidak mengherankan dia jatuh cinta padanya.


Hubungan antara Charly (Cliff Robertson) dan gadis itu (Claire Bloom) ditangani dengan hati-hati dan baik. Dia peduli padanya, tetapi tidak cukup memahami masalah yang dia hadapi. Ini menjadi lebih serius ketika dia melewati IQ normal dan masuk ke kategori jenius; perkembangan emosinya tertinggal. Kisah ini, yang melibatkan krisis pribadi, yang membuat "Charly" menjadi film yang hangat dan bermanfaat.


Sayangnya, ada plot tambahan yang melibatkan ilmuwan yang mengoperasi Charly, istri ilmuwan yang sulit dan rencana untuk menampilkan Charly di konvensi internasional. Ini terjadi tepat ketika Charly dan dokternya menemukan bahwa operasi itu tidak akan memiliki efek permanen; akhirnya Charly akan tergelincir kembali ke kecerdasan subnormal lagi. Ada konfrontasi yang ditangani dengan agak canggung antara Charly dan para ilmuwan, dan kemudian salah satu dari urutan sains berpacu dengan waktu konvesional.

CHAЯLY (1968) Film yang diangkat dari Novel karya Daniel Keyes (Flowers for Algernon)
Charly melakukan tes


Yang benar-benar melibatkan kita adalah Charly dan kisah cintanya yang pahit (yang, jika dipikir-pikir, sebanding dengan dilema King Kong). Ada juga pelajaran yang bisa dipetik dari tema pencipta dan ciptaannya yang tak berdosa dan terkutuk (lihat "Frankenstein," dll.). Tapi yang tidak perlu adalah semua hal ilmiah. Film ini akan lebih baik pada tingkat yang benar-benar manusia, saya pikir; tentu saja potret Charly karya Cliff Robertson adalah potret yang sensitif dan dapat dipercaya dan Claire Bloom berperan dengan baik sebagai gurunya.



Sumber : Wikipedia & rogerebert.com





Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel