Hari Greges Nasional Viral Tiktok, Artinya Apa? Berikut Penjelasannya

Saat ini banyak akun media sosial tengah bincangkan Bulan Februari banyak orang sakit, hal tersebut dikaitkan dengan Hari Greges Nasional, kemudian viral di situs sosial WhatsApp, Instagram, Twitter sampai TikTok.

Bulan ini memang tak sedikit masyarakat mengalami sejumlah gangguan medis. Beberapa di antaranya mengeluhkan rasa nyeri badan, flu, batuk disertai pilek, pegal linu serta nyeri di tenggorokan. Sementara di dunia maya, warga internet mulai membicarakannya, yang kemudian muncul istilah "Hari Greges Nasional", apa itu?

Hari Greges Nasional Viral Tiktok, Artinya Apa? Berikut Penjelasannya


Hari Greges Nasional Viral

Hari Greges Nasional adalah yang lagi viral karena digaungkan oleh para pemilik akun media sosial. Seperti salah seorang pengguna medium berbagi video pendek yang mengunggah sebuah klip tentang Hari Greges Nasional di Tiktok, akun-nya bernama @marlinahhh.

Postingan Hari Greges Nasional pada platform TikTok miliknya sampai saat ini telah mendulang 7 juta view lebih, serta mendapat like sekurangnya 199 ribu. Video yang diberi judul “Sadar gak sih Kalian, Bulan Februari ini banyak Sakit Kepala (pusing) Demam, Batuk, Pilek, Tenggorokan Sakit, Tulang berasa Nyeri,”. Seperti dilihat melalui tiktok.com, juga dikomentari ratusan pengguna lain.

Selain Tiktok, platform serupa seperti Instagram, WhatsApp hingga Twitter juga ramai. Beberapa cuitan dikutip dari twitter.com memosting Hari Greges Nasional Viral:

Padahal paginya sehat walafiat, kok malamnya greges, demam, batuk wkwk. Oh iya, inikah hari greges [email protected]_es

Hari greges, pilek, batuk dan nyeri [email protected]_ngasu

Pasca hari greges nasional, terbitlah, hari bindeng [email protected]

Arti Kata Greges Bahasa Jawa

Greges merupakan istilah dalam bahasa Jawa. Arti kata greges menurut berbagai sumber adalah kurang enak badan atau masuk angin atau bahkan demam (meriang). Ada juga yang mengartikannya sebagai kondisi masalah kesehstan tertentu dimana kondisi fisik sedang tidak fit.

Dalam penggunannya, orang kadang-kadang juga menambahkan prefix NG, dengan root Greges. Jika prefix dan foot itu digabungkan, akan membentuk secarik kata Nggreges.

Kata tersebut sebenarnya memiliki 6 karakter, dibuka dengan N, dan diakhiri huruf S, maka jadilah ngreges.

Pada kehidupan sehari-hari, terkadang orang Jawa asli, keturunan atau yang tinggal menetap di wilayah Jawa bagian Tengah dan Timur, kerap menggunakan kata ini untuk mengungkapkan kondisi tidak prima. 

Jika Kamu ingin membuat semacam di atas secara online, beberapa contoh kalimat Hari Greges Nasional Viral di bawah ini bisa dicoba.

Awake pating greges (meriang)

Rasane nggreges, ndludug ora genah (rasanya meriang, menggigil tidak karuan)

Wulan Februari akeh wong pada ng-greges (bulan Februari banyak orang mengalami sakit meriang)

Demikian Hari Greges Nasional viral di Tiktok.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel