Sinopsis Rashomon (1950)


Dilansir dari Wikipedia, Rashōmon (羅生門) adalah sebuah film Jepang tahun 1950 yang disutradarai oleh Akira Kurosawa. Film ini adalah salah satu dari mahakarya Kurosawa dan dibintangi oleh Toshiro Mifune. Dengan cerita yang didasarkan pada dua kisah karya Akutagawa Ryunosuke (Rashomon dan Yabu no Naka (藪の中), Rashomon bercerita tentang sebuah tindak kejahatan (sebuah pemerkosaan dan pembunuhan) melalui empat sisi yang berbeda seperti yang diceritakan oleh keempat saksi matanya, termasuk sang pelaku. Rashomon adalah salah satu dari tiga film di mana Kurosawa bekerja sama dengan sinematografer hebat Kazuo Miyagawa.


Rashomon adalah sebuah kuil tua yang ditinggalkan penghuninya, bangunannya sudah tidak utuh lagi. Cerita bergulir dari tokoh Penebang Kayu yang sedang berteduh dari hujan bersama tokoh pendeta di kuil Rashomon.

Tukang kayu bercerita, bahwa ada sebuah peristiwa pembunuhan. Pembunuhan tersebut menimpa seorang yang bernama Kanazawa Takehiko. Kanazawa Takehiko terbunuh ketika sedang melakukan perjalanan dengan kuda, melintas disebuah hutan bersama istrinya yaitu Masage.

Sedang siapa yang membunuh Takehiko, terjadi kesimpang siuran cerita. Banyak kemungkinan siapa yang membunuh.

Mungkin saja Tajomaru yang membunuh, karena Tajomaru adalah seorang perampok yang merampok Takehiko dan memperkosa istrinya yaitu Masage. Mungkin saja Masage, karena Masage merasa malu oleh aib yang telah menimpahnya karena diperkosa oleh Tajomaru. Atau mungkin juga Takehiko membunuh dirinya sendiri, karena merasa tidak bisa melindungi istrinya sampai bisa diperkosa oleh Tajomaru dan tidak kuat menerima kenyataan. Atau si Penebang kayu, karena tergiur oleh belati Masage yang di lapisi butiran mutiara.

Cerita pembunuhan tersebut menjadi banyak kemungkinan, karena para pelaku cerita tersebut menceritakan sendiri peristiwa tersebut dengan berbagai versi.

Rashomon adalah salah satu film yang ikut meramaikan gelaran Japanese Film Festival Online 2022. Anda juga dapat menyaksikannya di laman resmi JFF secara gratis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel