Amadeus (1984), Film Biografi Mozart Yang Difiksionalisasikan

 

Amadeus, Film Biografi Mozart Yang Difiksionalisasikan
Setelah mengetahui kematian ayahnya di Wina, Mozart dalam kesedihannya menulis opera Don Giovanni

Amadeus adalah sebuah film drama Amerika yang dirilis pada tahun 1984, yang sebagian besar merupakan cerita fiksi tentang hubungan antara Wolfgang Amadeus Mozart dan Antonio Salieri kontemporer yang kurang berbakat tetapi populer.


Film tersebut dinominasikan untuk 53 penghargaan dan meraih 40 penghargaan, yang meliputi delapan Academy Awards (termasuk Film Terbaik), empat BAFTA Awards, empat Golden Globe, dan sebuah penghargaan Directors Guild of America (DGA). Pada 2016, film tersebut merupakan film terkini yang memiliki lebih dari satu nominasi dalam kategori Aktor Terbaik. Pada 1998, American Film Institute memasukkan Amadeus dalam peringkat ke-53 pada daftar 100 Years... 100 Movies-nya.


Film dimulai di Wina, pada tahun 1823 ketika seorang lelaki tua, Antonio Salieri (diperankan oleh F. Murray Abraham), berteriak bahwa dia telah membunuh Mozart dan kemudian mencoba bunuh diri. Dia dibawa ke rumah sakit jiwa, di mana Pastor Vogler (Richard Frank) datang menemuinya, dan Salieri menceritakan kisahnya.


Setelah mengetahui kematian ayahnya di Wina, Mozart dalam kesedihannya menulis opera Don Giovanni, dan karya tersebut menginspirasi Salieri untuk membuat skema. Menyamar dalam kostum yang sebelumnya dikenakan oleh Leopold, Salieri meminta Mozart untuk menulis sebuah Requiem.

Amadeus, Film Biografi Mozart Yang Difiksionalisasikan


Dia berencana untuk membunuh Mozart setelah karya itu ditulis dan kemudian membagikannya sebagai miliknya. Kemudian, seorang aktor, Emanuel Schikaneder (Simon Callow), menugaskan opera dari Mozart. Bekerja pada kedua komisi sekaligus menghancurkan kesehatan Mozart.


Amadeus untuk sementara waktu meningkatkan popularitas musik Mozart, dan album soundtrack memenangkan Grammy Award untuk album klasik terbaik pada tahun 1985.


Film ini diadaptasi oleh dramawan Inggris Peter Shaffer dari dramanya sendiri dengan judul yang sama, yang dibuka di London pada tahun 1979 dan memenangkan Tony Award pada 1981.


Persaingan sengit antara Salieri dan Mozart hanyalah fiksi; dalam kehidupan nyata mereka tampak ramah. Requiem sebenarnya ditugaskan secara anonim tetapi tidak oleh Salieri.



Pada upacara Academy Award, presenter Laurence Olivier gagal menyebutkan nominasi lain untuk film terbaik sebelum mengumumkan Amadeus sebagai pemenang, sebuah kelalaian yang diperbaiki oleh produser Saul Zaentz setelah menerima patung tersebut. Sutradara MiloŇ° Forman memenangkan Oscar keduanya untuk Amadeus ; dia sebelumnya memenangkan penghargaan untuk One Flew Over the Cuckoo's Nest (1975).


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel