Nonton Sword Art Online Progressive: Aria of a Starless Night (2021) Sub Indo

Hampir sembilan bulan telah berlalu sejak Sword Art Online Progressive: Aria of a Starless Night dirilis, dan apakah sekarang anime movie ini sudah tersedia di platform streaming yang menyediakan subtitle Indonesia?


Nonton Sword Art Online Progressive: Aria of a Starless Night (2021) Sub Indo
Poster Sword Art Online Progressive: Aria of a Starless Night (IMDb)


Namun sebelum kita lanjut ke link nonton dan di platform mana, ada baiknya kita simak dulu beberapa hal berikut ini.


Sword Art Online Progressive: Aria of a Starless Night (2021) merupakan anime movie yang diadaptasi dari sebuah novel ringan Sword Art Online yang berjudul Progressive, dimana novel ini ditulis oleh Reki Kawahara dan diilustrasikan oleh abec.


Novel tersebut sendiri berfungsi sebagai penceritaan ulang dari Sword Art Online yang diperluas serta menggambarkan kisah dari pertemuan antara Kirito dan Asuna, khususnya perjuangan awalnya dalam mengatasi kenyataan dunia barunya itu.


Movie yang juga dikenal dengan Gekijōban Sōdo Āto Onrain Puroguresshibu Hoshi Naki Yoru no Aria ini diarahkan oleh Ayako Kono dengan skenario oleh Yukito Kizawa berdasarkan cerita dari Reki Kawahara.


Sinopsis

Mengisahkan Asuna (15), seorang gadis cerdas, kaya, cantik, dan juga populer yang merasa hidupnya jauh dari kata bahagia. 


Satu-satunya waktu bagi Asuna untuk dapat bersantai dan menjadi dirinya sendiri adalah dengan kehadiran teman rahasianya, Misumi, seorang gadis yang juga secerdas Asuna. 


Melihat tekanan yang membebani Asuna, Misumi kemudian mengajaknya untuk memainkan game baru bernama Sword Art Online bersama.


Sekarang, sepasang gadis muda ini terjebak dalam game VR kematian, dimana Misumi yang ternyata merupakan seorang gamer berpengalaman berusaha mati-matian untuk mengajari Asuna apa yang dia butuhkan untuk bertahan hidup disana. 






Secara umum, movie Sword Art Online Progressive: Aria of a Starless Night adalah sebuah penceritaan ulang daei episode pertama dan kedua dari seri anime Sword Art Online (2013). Yang mana hal itu mencakup cerita sebelum peluncuran game VR sampai pertempuran melawan bos lantai pertama. 


Disini, karakter dari Kirito/Kirigaya Kazuto menampilkan suara dari Yoshitsugu Matsuoka, Asuna/Yuuki Asuna disuarakan oleh Haruka Tomatsu, Mito/Tozawa Misumi disuarakan oleh Inori Minase, dan Sada Akiyo menampilkan suara dari Sayaka Kobayashi.


Hadir dengan durasi sekitar 97 menit, film animasi Jepang ini merupakan garapan dari A-1 Pictures, studio yang juga menggarap seri dari Sword Art Online, Fairy Tail, Blue Exorcist, Lycoris Recoil hingga Solo Leveling (2023).


Anime movie yang didistribusikan oleh Aniplex ini berhasil meraup pendapatan sekitar US$11,67 juta di bioskop Jepang pada tanggal 13 Desember 2021 lalu.


Nantinya, sebuah sekuel berjudul Sword Art Online Progressive: Scherzo of a Dark Dusk telah dijadwalkan untuk dirilis pada awal bulan depan, atau tepatnya pada tanggal 10 September 2022, yang rencananya akan mengadaptasi volume keempat dari seri novel ringan tersebut.


Pada laman MAL, anime movie arahan Ayako Kono ini mendapatkan skor rata-rata 8/10 dari sekitar 46 ribu ulasan. Sementara di IMDb, film animasi jepang berdurasi 1 jam 37 menit ini memperoleh rata-rata skor 7,1/10.



Setelah hampir sembilan bulan berlalu, namun kini beberapa penggemar SAO masih mencari Link Nonton Sword Art Online Progressive: Aria of a Starless Night (2021) Sub Indo dan dimana mereka dapat menyaksikannya secara legal.



Apakah Sword Art Online Progressive: Aria of a Starless Night (2021) Tersedia di Netflix?

Namun saat ini tampaknya film animasi asal Nippon ini belum tersedia di platform Netflix. Meski begitu, disini kalian bisa menyaksikan anime movie lainnya seperti Bubble (2022).



Apakah Sword Art Online Progressive: Aria of a Starless Night (2021) Tersedia di Disney+ ?

Mengingat di Disney+ Hotstar tidak tersedia seri SAO, jadi kemungkinan Sword Art Online Progressive: Aria of a Starless Night juga tidak akan tersedia di platform yang sebentar lagi akan menayangkan Thor: Love & Thunder.



Apakah Sword Art Online Progressive: Aria of a Starless Night (2021) Tersedia di iQIYI?

Sayangnya untuk saat ini movie adaptasi dari novel Sword Art Online Progressive ini juga masih belum tersedia di platform iQIYI.


Namun tidak menutup kemungkinan nantinya untuk anime movie tersebut akan tersedia disini, mengingat di platform hijau ini terdapat seri dan juga spin-off dari SAO.



Apakah Sword Art Online Progressive: Aria of a Starless Night (2021) Tersedia di Bilibili?

Meskipun di platform ini telah tersedia Sword Art Online Progressive: Aria of a Starless Night, namun kami tidak begitu yakin apakah itu resmi atau tidak.



Link Nonton Sword Art Online Progressive: Aria of a Starless Night (2021) Sub Indo

Untuk saat ini, kami belum benar-benar yakin akan tersedianya Link Nonton Sword Art Online Progressive: Aria of a Starless Night (2021) Sub Indo yang legal.


Kami juga akan berusaha untuk melakukan update apabila nantinya Link Nonton Sword Art Online Progressive: Aria of a Starless Night (2021) Sub Indo sudah resmi tersedia.



Dan jangan lupa, bahwa pada tanggal 10 September nanti akan dirilis sekuel dari movie rilisan 2021 ini yang berjudul Sword Art Online Progressive: Scherzo of a Dark Dusk.


Jadi bagi kalian para penggemar seri Sword Art Online, persiapkan diri kalian dan jangan lupa untuk terus melakukan update seputar anime ini melalui berbagai media yang tersedia seperti swordart-online.net.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel